Internalisasi nilai-nilai religiusitas dan kedisiplinan siswa di SMK Negeri Jawa Tengah Kota Semarang

Main Author: Oktifuadi, Khoirrosyid
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8342/1/133111163.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8342/
ctrlnum 8342
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8342/</relation><title>Internalisasi nilai-nilai religiusitas dan kedisiplinan siswa di SMK Negeri Jawa Tengah Kota Semarang</title><creator>Oktifuadi, Khoirrosyid</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><description>Latar belakang masalah penelitian ini adalah banyaknya ketimpangan perilaku siswa SMP dan SMA yang memasuki masa remaja sehingga dapat meresahkan masyarakat. Hal tersebut menjadikan pendidikan karakter sangat berperan penting untuk ditanamkan dalam rangka mengatasi masalah tersebut. Oleh sebab itu, penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai religiusitas siswa di SMK Negeri Jawa Tengah kota Semarang ? (2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai kedisiplinan siswa di SMK Negeri Jawa Tengah kota Semarang ? (3) Apa saja kendala dalam internalisasi nilai-nilai religiusitas dan kedisiplinan siswa di SMK Negeri Jawa Tengah kota Semarang ? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatatif lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi untuk mengecek keabsahan data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.&#xD; Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Internalisasi nilai-nilai religiusitas siswa di SMK Negeri Jawa Tengah dilaksanakan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas, pembiasaan kegiatan keagamaan, keteladanan guru, dan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. (2) Internalisasi nilai-nilai kedisiplinan siswa di SMK Negeri Jawa Tengah dilaksanakan melalui tata tertib dan aturan, pembiasaan disiplin dalam setiap kegiatan, keteladanan guru, Latihan Dasar Kepemimpinan bagi siswa baru, dan kegiatan ekstrakurikuler pramuka. (3) Kendala-kendala dalam internalisasi nilai-nilai religiusitas dan kedisiplinan siswa di SMK Negeri Jawa Tengah adalah faktor jam mata pelajaran pada waktu ashar, faktor keluarga yang terkadang lalai dalam mengawasi siswa saat liburan semester, faktor intern yang datangnya dari dalam diri siswa sendiri serta faktor keterbatasan personil guru.</description><date>2018-01-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8342/1/133111163.pdf</identifier><identifier> Oktifuadi, Khoirrosyid (2018) Internalisasi nilai-nilai religiusitas dan kedisiplinan siswa di SMK Negeri Jawa Tengah Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>8342</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Oktifuadi, Khoirrosyid
title Internalisasi nilai-nilai religiusitas dan kedisiplinan siswa di SMK Negeri Jawa Tengah Kota Semarang
publishDate 2018
topic 297.77 Islamic religious education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8342/1/133111163.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8342/
contents Latar belakang masalah penelitian ini adalah banyaknya ketimpangan perilaku siswa SMP dan SMA yang memasuki masa remaja sehingga dapat meresahkan masyarakat. Hal tersebut menjadikan pendidikan karakter sangat berperan penting untuk ditanamkan dalam rangka mengatasi masalah tersebut. Oleh sebab itu, penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai religiusitas siswa di SMK Negeri Jawa Tengah kota Semarang ? (2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai kedisiplinan siswa di SMK Negeri Jawa Tengah kota Semarang ? (3) Apa saja kendala dalam internalisasi nilai-nilai religiusitas dan kedisiplinan siswa di SMK Negeri Jawa Tengah kota Semarang ? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatatif lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi untuk mengecek keabsahan data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Internalisasi nilai-nilai religiusitas siswa di SMK Negeri Jawa Tengah dilaksanakan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas, pembiasaan kegiatan keagamaan, keteladanan guru, dan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. (2) Internalisasi nilai-nilai kedisiplinan siswa di SMK Negeri Jawa Tengah dilaksanakan melalui tata tertib dan aturan, pembiasaan disiplin dalam setiap kegiatan, keteladanan guru, Latihan Dasar Kepemimpinan bagi siswa baru, dan kegiatan ekstrakurikuler pramuka. (3) Kendala-kendala dalam internalisasi nilai-nilai religiusitas dan kedisiplinan siswa di SMK Negeri Jawa Tengah adalah faktor jam mata pelajaran pada waktu ashar, faktor keluarga yang terkadang lalai dalam mengawasi siswa saat liburan semester, faktor intern yang datangnya dari dalam diri siswa sendiri serta faktor keterbatasan personil guru.
id IOS2754.8342
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2019-05-05T03:23:21Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:55Z
recordtype dc
_version_ 1765821517244923904
score 17.538404