Pengembangan buku bergambar bertekstur dilengkapi dengan teka teki silang sebagai media pembelajaran biologi sub materi jaringan epitel kelas XI semester I di SMA negeri 7 Semarang

Main Author: Anggraeni, Fima Diah Rovvy
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7850/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7850/
ctrlnum 7850
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7850/</relation><title>Pengembangan buku bergambar bertekstur dilengkapi dengan teka teki silang sebagai media pembelajaran biologi sub materi jaringan epitel kelas XI semester I di SMA negeri 7 Semarang</title><creator>Anggraeni, Fima Diah Rovvy</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>570 Biology</subject><description>Media merupakan salah satu alat untuk membantu jalannya proses pembelajaran. Media yang digunakan di SMA N 7 Semarang masih monoton berupa buku dan LKS, media yang ada dianggap masih memiliki kelemahan dari segi penyajian isi, gambar dan meningkatkan minat siswa, sehingga pembelajaran terkesan monoton dan kurang menunjang pembelajaran yang menyenangkan di kelas. Hal yang telah dipaparkan memunculkan penelitian berupa Mengembangkan Buku Bergambar Bertekstur dilengkapi Teka Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Sub Materi Jaringan Epitel Kelas XI Semester 1 di SMA Negeri 7 Semarang. Latar belakang yang tersebut menjadi dasar pembuatan rumusan masalah bagaimana kelayakan media yang dikembangkan dinilai oleh ahli (materi, media dan guru) didukung dari segi efektivitas penggunaannya dalam pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas penggunaan media dalam pembelajaran kelas. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R&amp;D) dengan model pengembangan 4-D Thiagarajan. Model 4-D Thiagarajan menggunakan beberapa tahapan diantaranya Define meliputi analisis ujung depan, analisi konsep, dan analisis tujuan belajar. Tahap Design meliputi pemilihan media, pemilihan format dan rancangan awal produk. Tahap Develop meliputi penilaian validasi ahli meliputi ahli materi, ahli media dan guru serta uji lapangan. Tahap Dessiminate vi&#xD; yaitu dengan melakukan sosialisasi media pembelajaran kepada sasaran pengguna (Tahapan ini tidak dilakukan). Hasil penelitian adalah berdasarkan penilaian ahli materi media memiliki kriteria layak (Sangat Baik) dengan presentase 90,9%, penilaian menurut ahli media masuk dalam kriteria layak (Sangat Baik) dengan presentase 85,5% dan penilaian menurut guru pengajar masuk dalam kategori layak (Sangat Baik) dengan presentase 98,48%. Keefektifan media terhadap nilai siswa masuk dalam kategori cukup efektif dengan rata-rata nilai siswa uji coba 6,77 dibandingkan dengan rata-rata nilai siswa kontrol 5,70. Uji keterbacaan media setelah penggunaan dalam pembelajaran masuk dalam kategori sangat baik dengan presentase 86,1%.</description><date>2017-06-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7850/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf</identifier><identifier> Anggraeni, Fima Diah Rovvy (2017) Pengembangan buku bergambar bertekstur dilengkapi dengan teka teki silang sebagai media pembelajaran biologi sub materi jaringan epitel kelas XI semester I di SMA negeri 7 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>7850</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Anggraeni, Fima Diah Rovvy
title Pengembangan buku bergambar bertekstur dilengkapi dengan teka teki silang sebagai media pembelajaran biologi sub materi jaringan epitel kelas XI semester I di SMA negeri 7 Semarang
publishDate 2017
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
570 Biology
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7850/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7850/
contents Media merupakan salah satu alat untuk membantu jalannya proses pembelajaran. Media yang digunakan di SMA N 7 Semarang masih monoton berupa buku dan LKS, media yang ada dianggap masih memiliki kelemahan dari segi penyajian isi, gambar dan meningkatkan minat siswa, sehingga pembelajaran terkesan monoton dan kurang menunjang pembelajaran yang menyenangkan di kelas. Hal yang telah dipaparkan memunculkan penelitian berupa Mengembangkan Buku Bergambar Bertekstur dilengkapi Teka Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Sub Materi Jaringan Epitel Kelas XI Semester 1 di SMA Negeri 7 Semarang. Latar belakang yang tersebut menjadi dasar pembuatan rumusan masalah bagaimana kelayakan media yang dikembangkan dinilai oleh ahli (materi, media dan guru) didukung dari segi efektivitas penggunaannya dalam pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas penggunaan media dalam pembelajaran kelas. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D Thiagarajan. Model 4-D Thiagarajan menggunakan beberapa tahapan diantaranya Define meliputi analisis ujung depan, analisi konsep, dan analisis tujuan belajar. Tahap Design meliputi pemilihan media, pemilihan format dan rancangan awal produk. Tahap Develop meliputi penilaian validasi ahli meliputi ahli materi, ahli media dan guru serta uji lapangan. Tahap Dessiminate vi yaitu dengan melakukan sosialisasi media pembelajaran kepada sasaran pengguna (Tahapan ini tidak dilakukan). Hasil penelitian adalah berdasarkan penilaian ahli materi media memiliki kriteria layak (Sangat Baik) dengan presentase 90,9%, penilaian menurut ahli media masuk dalam kriteria layak (Sangat Baik) dengan presentase 85,5% dan penilaian menurut guru pengajar masuk dalam kategori layak (Sangat Baik) dengan presentase 98,48%. Keefektifan media terhadap nilai siswa masuk dalam kategori cukup efektif dengan rata-rata nilai siswa uji coba 6,77 dibandingkan dengan rata-rata nilai siswa kontrol 5,70. Uji keterbacaan media setelah penggunaan dalam pembelajaran masuk dalam kategori sangat baik dengan presentase 86,1%.
id IOS2754.7850
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2018-06-19T22:06:09Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:48Z
recordtype dc
_version_ 1765821514740924416
score 17.538404