Pengaruh strategi pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) terhadap hasil belajar siswa kelas XI semester II pada materi fluida dinamis di MAN 2 Semarang

Main Author: Maesaroh, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7833/1/Binder1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7833/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi masalah pemahaman siswa terhadap konsep materi fluida dinamis yang dipelajari sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar fisika siswa ditunjukan dengan nilai KKM dibawah 60. Penggunaan Strategi TTW (Think, Talk, Write) pada proses pembelajaran ini dilakukan untuk membangun pemikiran, mengungkapkan ide - ide, kemudian menguji ide- ide tersebut dalam bentuk tulisan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh TTW dan peningkatan hasil belajar siswa kelas XI semester II pada materi fluida dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), metode yang digunakan yaitu studi eksperimen dengan desain posstest only control group design yaitu menempatkan subyek penelitian kedalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknis analisis data penelitian menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 5,70 sedangkan ttabel = 1,99 dengan taraf signifikansi 5 %. Karena thitung > ttabel maka hipotesis yang diajukan (Ha) dapat diterima. Data menujukan bahwa rata- rata hasil belajar siswa menggunakan Strategi TTW lebih tinggi dibanding pembelajaran konvensional. Hal ini disebabkan pembelajaran menggunakan strategi TTW mendorong siswa mengungkapkan pendapat dalam bentuk tulisan, dan membuat siswa lebih mandiri dalam memahami konsep fisika.