Pengaruh penggunaan media fotonovela terhadap hasil belajar IPA materi pengaruh bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari kelas III SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang tahun ajaran 2016/2017
Main Author: | Wahyuni, Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7655/1/133911118.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7655/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini dilatarbelakangi bahwa seringkali pembelajaran IPA masih konvensial. Guru menemukan kebuntuan menunjukkan gambaran konkret dalam penyampaian beberapa materi kepada peserta didik. Hal itu berdampak terhadap rendahnya pencapaian hasil belajar. Media Fotonovela merupakan media yang berbentuk foto konkret disertai serangkaian cerita singkat. Permasalahan: Apakah Penggunaaan Media Fotonovela Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Pengaruh Bentuk Energi Dalam Kehidupan Sehari-hari Kelas III SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang Tahun Ajaran 2016/2017?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan media Fotonovela dan kelas kontrol tidak menggunakan media Fotonovela. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung= 3,774 sedangkan t tabel= 1,679. Karena thitung>ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan media Fotonovela lebih baik dari peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan tidak menggunakan media Fotonovela. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen (Media Fotonovela) = 86, 81 dan kelas kontrol = 74, 80. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar peserta didik yang diberikan pembelajaran media Fotonovela pada mata pelajaran IPA materi pengaruh bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari kelas III SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang Tahun Ajaran 2016/2017.