Pengaruh penggunaan media fotonovela terhadap hasil belajar IPA materi pengaruh bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari kelas III SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang tahun ajaran 2016/2017

Main Author: Wahyuni, Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7655/1/133911118.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7655/
ctrlnum 7655
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7655/</relation><title>Pengaruh penggunaan media fotonovela terhadap hasil belajar IPA materi pengaruh bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari kelas III SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang tahun ajaran 2016/2017</title><creator>Wahyuni, Dwi</creator><subject>372.3 Sains untuk pendidikan dasar</subject><description>Skripsi ini dilatarbelakangi bahwa seringkali pembelajaran IPA masih konvensial. Guru menemukan kebuntuan menunjukkan gambaran konkret dalam penyampaian beberapa materi kepada peserta didik. Hal itu berdampak terhadap rendahnya pencapaian hasil belajar. Media Fotonovela merupakan media yang berbentuk foto konkret disertai serangkaian cerita singkat. &#xD; Permasalahan: Apakah Penggunaaan Media Fotonovela Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Pengaruh Bentuk Energi Dalam Kehidupan Sehari-hari Kelas III SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang Tahun Ajaran 2016/2017?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan media Fotonovela dan kelas kontrol tidak menggunakan media Fotonovela. &#xD; Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung= 3,774 sedangkan t tabel= 1,679. Karena thitung&gt;ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan media Fotonovela lebih baik dari peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan tidak menggunakan media Fotonovela. &#xD; Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen (Media Fotonovela) = 86, 81 dan kelas kontrol = 74, 80. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar peserta didik yang diberikan pembelajaran media Fotonovela pada mata pelajaran IPA materi pengaruh bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari kelas III SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang Tahun Ajaran 2016/2017.</description><date>2017-06-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7655/1/133911118.pdf</identifier><identifier> Wahyuni, Dwi (2017) Pengaruh penggunaan media fotonovela terhadap hasil belajar IPA materi pengaruh bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari kelas III SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>7655</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wahyuni, Dwi
title Pengaruh penggunaan media fotonovela terhadap hasil belajar IPA materi pengaruh bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari kelas III SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang tahun ajaran 2016/2017
publishDate 2017
topic 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7655/1/133911118.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7655/
contents Skripsi ini dilatarbelakangi bahwa seringkali pembelajaran IPA masih konvensial. Guru menemukan kebuntuan menunjukkan gambaran konkret dalam penyampaian beberapa materi kepada peserta didik. Hal itu berdampak terhadap rendahnya pencapaian hasil belajar. Media Fotonovela merupakan media yang berbentuk foto konkret disertai serangkaian cerita singkat. Permasalahan: Apakah Penggunaaan Media Fotonovela Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Pengaruh Bentuk Energi Dalam Kehidupan Sehari-hari Kelas III SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang Tahun Ajaran 2016/2017?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan media Fotonovela dan kelas kontrol tidak menggunakan media Fotonovela. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung= 3,774 sedangkan t tabel= 1,679. Karena thitung>ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan media Fotonovela lebih baik dari peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan tidak menggunakan media Fotonovela. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen (Media Fotonovela) = 86, 81 dan kelas kontrol = 74, 80. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar peserta didik yang diberikan pembelajaran media Fotonovela pada mata pelajaran IPA materi pengaruh bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari kelas III SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang Tahun Ajaran 2016/2017.
id IOS2754.7655
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2018-05-09T22:24:16Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:45Z
recordtype dc
_version_ 1765821513676619776
score 17.538404