Pengaruh pemahaman tata tertib sekolah terhadap perilaku berbusana muslimah siswi di SMK Negeri 1 Kendal
Main Author: | Chumda, Nasichah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7599/1/133111049.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7599/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah penyebab dari rendahnya perilaku berbusana muslimah siswi. Salah satu penyebabnya yaitu tentang pemahaman siswi dalam menerima tata tertib sekolah. Dilihat dari ketidaksadaran dan ketidakperhatian siswi ketika berbusana muslimah bisa disebabkan dari segi pemahaman tata tertib sekolah, dilihat dari segi perilaku dan cara berpakaian. Berdasarkan pemikiran di atas jelaslah bahwa perilaku berbusana muslimah mempunyai pengaruh yang kuat dengan pemahaman tata tertib sekolah. Tata tertib sekolah berperan dalam terwujudnya perilaku berbusana muslimah siswi. Untuk berbusana sesuai dengan ajaran Islam, siswa harus memiliki pengetahuan dan pemahaman peraturan sekolah, setelah peraturan keluarga, yaitu tata tertib sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Seberapa besar pengaruh pemahaman tata tertib sekolah mempunyai terhadap perilaku berbusana muslimah siswi di SMK Negeri 1 Kendal. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi. Subjek penelitian sebanyak 77 responden, yang terdiri dari kelas XI semua jurusan di SMK Negeri 1 Kendal. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes untuk mencari data pemahaman tata tertib sekolah (X) dan instrumen angket untuk mencari data perilaku berbusana muslimah siswi (Y), observasi dan dokumentasi untuk mendapatkan dokumen tentang nama siswa, jumlah siswa, dan identitas sekolah. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemahaman tata tertib sekolah terhadap perilaku berbusana muslimah siswi di SMK Negeri 1 Kendal, dibuktikan dengan persamaan regresi