Pengaruh pemahaman tata tertib sekolah terhadap perilaku berbusana muslimah siswi di SMK Negeri 1 Kendal

Main Author: Chumda, Nasichah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7599/1/133111049.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7599/
ctrlnum 7599
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7599/</relation><title>Pengaruh pemahaman tata tertib sekolah terhadap perilaku berbusana muslimah siswi di SMK Negeri 1 Kendal</title><creator>Chumda, Nasichah</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><description>Latar belakang penelitian ini adalah penyebab dari rendahnya perilaku berbusana muslimah siswi. Salah satu penyebabnya yaitu tentang pemahaman siswi dalam menerima tata tertib sekolah. Dilihat dari ketidaksadaran dan ketidakperhatian siswi ketika berbusana muslimah bisa disebabkan dari segi pemahaman tata tertib sekolah, dilihat dari segi perilaku dan cara berpakaian. Berdasarkan pemikiran di atas jelaslah bahwa perilaku berbusana muslimah mempunyai pengaruh yang kuat dengan pemahaman tata tertib sekolah. Tata tertib sekolah berperan dalam terwujudnya perilaku berbusana muslimah siswi. Untuk berbusana sesuai dengan ajaran Islam, siswa harus memiliki pengetahuan dan pemahaman peraturan sekolah, setelah peraturan keluarga, yaitu tata tertib sekolah. &#xD; &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Seberapa besar pengaruh pemahaman tata tertib sekolah mempunyai terhadap perilaku berbusana muslimah siswi di SMK Negeri 1 Kendal. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi. Subjek penelitian sebanyak 77 responden, yang terdiri dari kelas XI semua jurusan di SMK Negeri 1 Kendal. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes untuk mencari data pemahaman tata tertib sekolah (X) dan instrumen angket untuk mencari data perilaku berbusana muslimah siswi (Y), observasi dan dokumentasi untuk mendapatkan dokumen tentang nama siswa, jumlah siswa, dan identitas sekolah. &#xD; &#xD; Penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemahaman tata tertib sekolah terhadap perilaku berbusana muslimah siswi di SMK Negeri 1 Kendal, dibuktikan dengan persamaan regresi</description><date>2017-06-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7599/1/133111049.pdf</identifier><identifier> Chumda, Nasichah (2017) Pengaruh pemahaman tata tertib sekolah terhadap perilaku berbusana muslimah siswi di SMK Negeri 1 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>7599</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Chumda, Nasichah
title Pengaruh pemahaman tata tertib sekolah terhadap perilaku berbusana muslimah siswi di SMK Negeri 1 Kendal
publishDate 2017
topic 297.77 Islamic religious education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7599/1/133111049.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7599/
contents Latar belakang penelitian ini adalah penyebab dari rendahnya perilaku berbusana muslimah siswi. Salah satu penyebabnya yaitu tentang pemahaman siswi dalam menerima tata tertib sekolah. Dilihat dari ketidaksadaran dan ketidakperhatian siswi ketika berbusana muslimah bisa disebabkan dari segi pemahaman tata tertib sekolah, dilihat dari segi perilaku dan cara berpakaian. Berdasarkan pemikiran di atas jelaslah bahwa perilaku berbusana muslimah mempunyai pengaruh yang kuat dengan pemahaman tata tertib sekolah. Tata tertib sekolah berperan dalam terwujudnya perilaku berbusana muslimah siswi. Untuk berbusana sesuai dengan ajaran Islam, siswa harus memiliki pengetahuan dan pemahaman peraturan sekolah, setelah peraturan keluarga, yaitu tata tertib sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Seberapa besar pengaruh pemahaman tata tertib sekolah mempunyai terhadap perilaku berbusana muslimah siswi di SMK Negeri 1 Kendal. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi. Subjek penelitian sebanyak 77 responden, yang terdiri dari kelas XI semua jurusan di SMK Negeri 1 Kendal. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes untuk mencari data pemahaman tata tertib sekolah (X) dan instrumen angket untuk mencari data perilaku berbusana muslimah siswi (Y), observasi dan dokumentasi untuk mendapatkan dokumen tentang nama siswa, jumlah siswa, dan identitas sekolah. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemahaman tata tertib sekolah terhadap perilaku berbusana muslimah siswi di SMK Negeri 1 Kendal, dibuktikan dengan persamaan regresi
id IOS2754.7599
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2018-04-19T23:00:00Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:44Z
recordtype dc
_version_ 1765821513479487488
score 17.538404