Pengaruh Promosi dan Diferensiasi Citra terhadap Minat Masyarakat Menjadi Muzakki pada Rumah Zakat Indonesia Cabang Semarang
Daftar Isi:
- Permasalahan ekonomi seringkali berdampak negatif terhadap kehidupan sosial masyarakat seperti, kemiskinan dan pengangguran yang sering kali menimbulkan tindakan-tindakan kriminal. Sebagai negara yang penduduknya yang kurang lebih 90% beragama Islam, maka ajaran Islam tentang pemberantasan kemiskinan sudah dilembagakan dalam salah satu rukunnya, yaitu menunaikan zakat. Namun dalam pelaksanaan pengumpulan zakat di Indonesia masih dirasa kurang optimal jika melihat potensinya. Kurang optimalnya jumlah zakat yang terkumpul disebabkan oleh beberapa hal, antara lain; Pertama, rendahnya pengetahuan masyarakat dalam kewajiban membayar zakat. Kedua, ketidakmauan membayar zakat. Ketiga, ketidakpercayaan terhadap Lembaga Pengelola Zakat. Menjelaskan masalah apakah ada pengaruh promosi dan diferensiasi citra terhadap minat masyarakat menjadi muzakki. Penelitian ini bertujuan menguji secara parsial dan simultan bagaimana promosi dan diferensiasi citra berpengaruh terhadap minat masyarakat menjadi muzakki di Rumah Zakat Indonesia Cabang Semarang. Dalam penelitian ini data yang di gunakan adalah data primer dan data sekunder. Kemudian metode yang di gunakan untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner dan wawancara, teknis analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas instrumen, analisis regresi berganda, dan uji asumsi klasik. Hasil olahan statistik yang dibantu dengan dengan program SPSS 17.0 for widows menunjukan bahwa pengaruh variabel independen (promosi dan diferensiasi citra) terhadap variabel dependen (minat muzakki) mampu memberikan sumbangan sebesar 32,4%, sedang yang 67,6% sisanya di jelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini (tidak diteliti) atau dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Variabel tersebut antara lain berada pada tingkat pendapatan, lokasi, status dan pengetahuan terhadap Rumah Zakat maupun variabel lainnya. Hasil uji empiris pengaruh antara promosi terhadap minat masyarakat menjadi muzakki menunjukkan nilai thitung = 3,931 dan p value (Sig) sebesar 0,000 yang di bawah alpha 5%. Artinya bahwa promosi berpengaruh terhadap minat masyarakat menjadi muzakki. Sedangkan hasil uji empiris pengaruh antara diferensiasi citra terhadap minat masyarakat menunjukkan nilai t hitung = 2,838 dan p value (Sig) sebesar 0.006 yang di bawah alpha 5%. Artinya bahwa diferensiasi citra berpengaruh terhadap minat masyarakat menjadi muzakki.