ctrlnum 742
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/742/</relation><title>Pengaruh Promosi dan Diferensiasi Citra terhadap Minat Masyarakat Menjadi Muzakki pada Rumah Zakat Indonesia Cabang Semarang </title><creator>Ekhomawaty , Fenny</creator><subject>297.273 Islam and economics</subject><subject>297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)</subject><description>Permasalahan ekonomi seringkali berdampak negatif terhadap kehidupan sosial masyarakat seperti, kemiskinan dan pengangguran yang sering kali menimbulkan tindakan-tindakan kriminal. Sebagai negara yang penduduknya yang kurang lebih 90% beragama Islam, maka ajaran Islam tentang pemberantasan kemiskinan sudah dilembagakan dalam salah satu rukunnya, yaitu menunaikan zakat. Namun dalam pelaksanaan pengumpulan zakat di Indonesia masih dirasa kurang optimal jika melihat potensinya. Kurang optimalnya jumlah zakat yang terkumpul disebabkan oleh beberapa hal, antara lain; Pertama, rendahnya pengetahuan masyarakat dalam kewajiban membayar zakat. Kedua, ketidakmauan membayar zakat. Ketiga, ketidakpercayaan terhadap Lembaga Pengelola Zakat.&#xD; Menjelaskan masalah apakah ada pengaruh promosi dan diferensiasi citra terhadap minat masyarakat menjadi muzakki. Penelitian ini bertujuan menguji secara parsial dan simultan bagaimana promosi dan diferensiasi citra berpengaruh terhadap minat masyarakat menjadi muzakki di Rumah Zakat Indonesia Cabang Semarang.&#xD; Dalam penelitian ini data yang di gunakan adalah data primer dan data sekunder. Kemudian metode yang di gunakan untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner dan wawancara, teknis analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas instrumen, analisis regresi berganda, dan uji asumsi klasik.&#xD; Hasil olahan statistik yang dibantu dengan dengan program SPSS 17.0 for widows menunjukan bahwa pengaruh variabel independen (promosi dan diferensiasi citra) terhadap variabel dependen (minat muzakki) mampu memberikan sumbangan sebesar 32,4%, sedang yang 67,6% sisanya di jelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini (tidak diteliti) atau dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Variabel tersebut antara lain berada pada tingkat pendapatan, lokasi, status dan pengetahuan terhadap Rumah Zakat maupun variabel lainnya.&#xD; Hasil uji empiris pengaruh antara promosi terhadap minat masyarakat menjadi muzakki menunjukkan nilai thitung = 3,931 dan p value (Sig) sebesar 0,000 yang di bawah alpha 5%. Artinya bahwa promosi berpengaruh terhadap minat masyarakat menjadi muzakki. Sedangkan hasil uji empiris pengaruh antara diferensiasi citra terhadap minat masyarakat menunjukkan nilai t hitung = 2,838 dan p value (Sig) sebesar 0.006 yang di bawah alpha 5%. Artinya bahwa diferensiasi citra berpengaruh terhadap minat masyarakat menjadi muzakki.</description><date>2012-12-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/742/1/082411097_Coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/742/2/082411097_Bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/742/3/082411097_Bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/742/4/082411097_Bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/742/5/082411097_Bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/742/6/082411097_Bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/742/7/082411097_Bibliografi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/742/8/082411097_Lampiran.pdf</identifier><identifier> Ekhomawaty , Fenny (2012) Pengaruh Promosi dan Diferensiasi Citra terhadap Minat Masyarakat Menjadi Muzakki pada Rumah Zakat Indonesia Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>742</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ekhomawaty , Fenny
title Pengaruh Promosi dan Diferensiasi Citra terhadap Minat Masyarakat Menjadi Muzakki pada Rumah Zakat Indonesia Cabang Semarang
publishDate 2012
topic 297.273 Islam and economics
297.54 Zakat (Wakaf
Hibah
Infak
Sedekah
dll.)
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/742/1/082411097_Coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/742/2/082411097_Bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/742/3/082411097_Bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/742/4/082411097_Bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/742/5/082411097_Bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/742/6/082411097_Bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/742/7/082411097_Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/742/8/082411097_Lampiran.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/742/
contents Permasalahan ekonomi seringkali berdampak negatif terhadap kehidupan sosial masyarakat seperti, kemiskinan dan pengangguran yang sering kali menimbulkan tindakan-tindakan kriminal. Sebagai negara yang penduduknya yang kurang lebih 90% beragama Islam, maka ajaran Islam tentang pemberantasan kemiskinan sudah dilembagakan dalam salah satu rukunnya, yaitu menunaikan zakat. Namun dalam pelaksanaan pengumpulan zakat di Indonesia masih dirasa kurang optimal jika melihat potensinya. Kurang optimalnya jumlah zakat yang terkumpul disebabkan oleh beberapa hal, antara lain; Pertama, rendahnya pengetahuan masyarakat dalam kewajiban membayar zakat. Kedua, ketidakmauan membayar zakat. Ketiga, ketidakpercayaan terhadap Lembaga Pengelola Zakat. Menjelaskan masalah apakah ada pengaruh promosi dan diferensiasi citra terhadap minat masyarakat menjadi muzakki. Penelitian ini bertujuan menguji secara parsial dan simultan bagaimana promosi dan diferensiasi citra berpengaruh terhadap minat masyarakat menjadi muzakki di Rumah Zakat Indonesia Cabang Semarang. Dalam penelitian ini data yang di gunakan adalah data primer dan data sekunder. Kemudian metode yang di gunakan untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner dan wawancara, teknis analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas instrumen, analisis regresi berganda, dan uji asumsi klasik. Hasil olahan statistik yang dibantu dengan dengan program SPSS 17.0 for widows menunjukan bahwa pengaruh variabel independen (promosi dan diferensiasi citra) terhadap variabel dependen (minat muzakki) mampu memberikan sumbangan sebesar 32,4%, sedang yang 67,6% sisanya di jelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini (tidak diteliti) atau dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Variabel tersebut antara lain berada pada tingkat pendapatan, lokasi, status dan pengetahuan terhadap Rumah Zakat maupun variabel lainnya. Hasil uji empiris pengaruh antara promosi terhadap minat masyarakat menjadi muzakki menunjukkan nilai thitung = 3,931 dan p value (Sig) sebesar 0,000 yang di bawah alpha 5%. Artinya bahwa promosi berpengaruh terhadap minat masyarakat menjadi muzakki. Sedangkan hasil uji empiris pengaruh antara diferensiasi citra terhadap minat masyarakat menunjukkan nilai t hitung = 2,838 dan p value (Sig) sebesar 0.006 yang di bawah alpha 5%. Artinya bahwa diferensiasi citra berpengaruh terhadap minat masyarakat menjadi muzakki.
id IOS2754.742
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:46:43Z
last_indexed 2022-09-12T06:32:32Z
recordtype dc
_version_ 1765821468125429760
score 17.538404