Analisis SWOT pada strategi pemasaran produk simpanan qurban di KSPPS BMT Harapan Umat Cabang Puri Kabupaten Pati
Daftar Isi:
- Sudah cukup lama umat Islam Indonesia dan belahan dunia Islam lainnya menginginkan sistem perekonomian berbasis nilai-nilai dan prinsip syariah (Islamic economic system) untuk dapat diterapkan dalam segala aspek kehidupan bisnis dan transaksi umat. BMT hadir ditengah masyarakat atas kegelisahan tersebut. Secara umum BMT menawarkan beberapa produk salah satunya adalah Simpanan Qurban, untuk mengenalkan produk kepada masyarakat BMT haruslah melakukan strategi pemasaran dengan menerapkan analisis SWOT. Analisis SWOT pada Strategi Pemasaran Produk Simpanan Qurban Di KSPPS BMT Harapan Umat cabang Puri Kabupaten Pati. Dengan rumusan masalah : bagaimana analisis SWOT terhadap strategi pemasaran produk simpanan qurban di KSPPS BMT Harapan Umat cabang puri. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Data-data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa : pertama, menganalisis data dengan SWOT agar mengetahui faktor Eksternal dan Internal BMT. Faktor eksternal adalah faktor yang mempengaruhi perkembangan perbankan dan eksternal BMT yang meliputi faktor peluang dan ancaman. Faktor internal adalah faktor yang dimiliki oleh BMT yang meliputi faktor kekuatan dan kelemahan yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan suatu BMT.Kedua, strategi pemasaran di BMT Harapan Umat cabang Puri adalah strategi jemput bola, membangun jaringan dan memberikan service excellent. Selain dari tiga strategi tersebut BMT Harapan Umat cabang Puri juga melakukan pemasaran yang berlandaskan pada bauran pemasaran atau marketing mix dari product, price, place, promotion.