Daftar Isi:
  • Kesulitan dalam pemahaman konsep, pemecahan masalah, penalaran Biologi merupakan permasalahan yang sering dihadapi oleh guru Biologi, oleh karena itu diperlukan pembelajaran dengan suasana belajar aktif, yang salah satunya dengan model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif TAI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X pada materi pokok ekosistem di MA AL HADI Girikusuma. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas kelas X MA AL HADI Girikusuma, sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas X 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif TAI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X pada materi ekosistem di MA AL HADI Girikusuma. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik masih 65,47 dengan ketuntasan klasikal 72%, pada siklus I meningkat menjadi 71,56 dengan ketuntasan klasikal sebesar 75%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 76,72 dengan ketuntasan klasikal sebesar 81%.