ctrlnum 6593
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6593/</relation><title>Peningkatan hasil belajar Biologi materi pokok ekosistem dengan metode TAI (Team Assisted Individualization) pada siswa kelas X MA Al Hadi Girikusuma tahun pelajaran 2014/2015</title><creator>Ma&#x2019;arif, Samsul</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><description>Kesulitan dalam pemahaman konsep, pemecahan masalah, penalaran Biologi merupakan permasalahan yang sering dihadapi oleh guru Biologi, oleh karena itu diperlukan pembelajaran dengan suasana belajar aktif, yang salah satunya dengan model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif TAI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X pada materi pokok ekosistem di MA AL HADI Girikusuma. &#xD; Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas kelas X MA AL HADI Girikusuma, sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas X 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. &#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif TAI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X pada materi ekosistem di MA AL HADI Girikusuma. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik masih 65,47 dengan ketuntasan klasikal 72%, pada siklus I meningkat menjadi 71,56 dengan ketuntasan klasikal sebesar 75%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 76,72 dengan ketuntasan klasikal sebesar 81%.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6593/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6593/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6593/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6593/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6593/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6593/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6593/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6593/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Ma&#x2019;arif, Samsul (2016) Peningkatan hasil belajar Biologi materi pokok ekosistem dengan metode TAI (Team Assisted Individualization) pada siswa kelas X MA Al Hadi Girikusuma tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>6593</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ma’arif, Samsul
title Peningkatan hasil belajar Biologi materi pokok ekosistem dengan metode TAI (Team Assisted Individualization) pada siswa kelas X MA Al Hadi Girikusuma tahun pelajaran 2014/2015
publishDate 2016
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6593/1/COVER.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6593/2/BAB%20I.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6593/3/BAB%20II.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6593/4/BAB%20III.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6593/5/BAB%20IV.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6593/6/BAB%20V.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6593/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6593/8/LAMPIRAN.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6593/
contents Kesulitan dalam pemahaman konsep, pemecahan masalah, penalaran Biologi merupakan permasalahan yang sering dihadapi oleh guru Biologi, oleh karena itu diperlukan pembelajaran dengan suasana belajar aktif, yang salah satunya dengan model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif TAI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X pada materi pokok ekosistem di MA AL HADI Girikusuma. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas kelas X MA AL HADI Girikusuma, sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas X 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif TAI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X pada materi ekosistem di MA AL HADI Girikusuma. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik masih 65,47 dengan ketuntasan klasikal 72%, pada siklus I meningkat menjadi 71,56 dengan ketuntasan klasikal sebesar 75%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 76,72 dengan ketuntasan klasikal sebesar 81%.
id IOS2754.6593
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2017-07-10T07:19:30Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:24Z
recordtype dc
_version_ 1765821506650112000
score 17.538404