Efektifitas penggunaan pendekatan outdoor learning terhadap hasil belajar IPA kelas IV semester II materi pokok Energi dan Perubahannya di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tahun pelajaran 2015/2016
Daftar Isi:
- Skripsi ini dilatarbelakangi selama ini pengajaran pendidikan IPA lebih banyak dilakukan di dalam kelas dan peserta didik kurang dilibatkan dalam kegiatan yang sebenarnya. Kondisi pembelajaran yang relatif menyebabkan kebosanan belajar bagi peserta didik. Pendekatan Outdoor Learning merupakan salah satu alternatif dalam proses pembelajaran yang melibatkan peserta didik menyatu dengan alam. Permasalahan: Apakah Pendekatan Outdoor Learning Efektif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Semester II Materi Pokok Energi dan Perubahannya di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang Tahun Pelajaran 2015 / 2016 ? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan Outdoor Learning dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung= 2,328 sedangkan t tabel= 1,672. Karena thitung>ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan metode Outdoor Learning lebih baik dari peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan metode konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen (Outdoor Learning) = 81, 552 dan kelas kontrol = 74, 667. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diberikan pembelajaran Outdoor Learning lebih efektif pada mata pelajaran IPA materi energi dan perubahannya kelas IV SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tahun pelajaran 2015/2016.