ctrlnum 6207
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6207/</relation><title>Efektifitas penggunaan pendekatan outdoor learning terhadap hasil belajar IPA kelas IV semester II materi pokok Energi dan Perubahannya di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tahun pelajaran 2015/2016</title><creator>Zemi, Rifiani</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>372.3 Sains untuk pendidikan dasar</subject><description>Skripsi ini dilatarbelakangi selama ini pengajaran pendidikan IPA lebih banyak dilakukan di dalam kelas dan peserta didik kurang dilibatkan dalam kegiatan yang sebenarnya. Kondisi pembelajaran yang relatif menyebabkan kebosanan belajar bagi peserta didik. Pendekatan Outdoor Learning merupakan salah satu alternatif dalam proses pembelajaran yang melibatkan peserta didik menyatu dengan alam.&#xD; Permasalahan: Apakah Pendekatan Outdoor Learning Efektif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Semester II Materi Pokok Energi dan Perubahannya di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang Tahun Pelajaran 2015 / 2016 ? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan Outdoor Learning dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. &#xD; Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh &#xD; thitung= 2,328 sedangkan t tabel= 1,672. Karena thitung&gt;ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan metode Outdoor Learning lebih baik dari peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan metode konvensional. &#xD; Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen (Outdoor Learning) = 81, 552 dan kelas kontrol = 74, 667. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diberikan pembelajaran Outdoor Learning lebih efektif pada mata pelajaran IPA materi energi dan perubahannya kelas IV SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tahun pelajaran 2015/2016.</description><date>2016-06-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6207/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6207/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6207/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6207/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6207/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6207/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6207/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6207/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Zemi, Rifiani (2016) Efektifitas penggunaan pendekatan outdoor learning terhadap hasil belajar IPA kelas IV semester II materi pokok Energi dan Perubahannya di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>6207</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Zemi, Rifiani
title Efektifitas penggunaan pendekatan outdoor learning terhadap hasil belajar IPA kelas IV semester II materi pokok Energi dan Perubahannya di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tahun pelajaran 2015/2016
publishDate 2016
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
372.3 Sains untuk pendidikan dasar
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6207/1/COVER.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6207/2/BAB%20I.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6207/3/BAB%20II.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6207/4/BAB%20III.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6207/5/BAB%20IV.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6207/6/BAB%20V.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6207/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6207/8/LAMPIRAN.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6207/
contents Skripsi ini dilatarbelakangi selama ini pengajaran pendidikan IPA lebih banyak dilakukan di dalam kelas dan peserta didik kurang dilibatkan dalam kegiatan yang sebenarnya. Kondisi pembelajaran yang relatif menyebabkan kebosanan belajar bagi peserta didik. Pendekatan Outdoor Learning merupakan salah satu alternatif dalam proses pembelajaran yang melibatkan peserta didik menyatu dengan alam. Permasalahan: Apakah Pendekatan Outdoor Learning Efektif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Semester II Materi Pokok Energi dan Perubahannya di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang Tahun Pelajaran 2015 / 2016 ? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan Outdoor Learning dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung= 2,328 sedangkan t tabel= 1,672. Karena thitung>ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan metode Outdoor Learning lebih baik dari peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan metode konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen (Outdoor Learning) = 81, 552 dan kelas kontrol = 74, 667. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diberikan pembelajaran Outdoor Learning lebih efektif pada mata pelajaran IPA materi energi dan perubahannya kelas IV SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tahun pelajaran 2015/2016.
id IOS2754.6207
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2017-02-25T15:16:09Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:16Z
recordtype dc
_version_ 1765821504184909824
score 17.538404