Daftar Isi:
  • Studi ini bertujuan untuk mengetahui : (1) seberapa besar pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang tahun 2013-2014. (2) seberapa besar pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang tahun 2013-2014. (3) seberapa besar pengaruh harga terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang tahun 2013-2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner (angket). Subjek penelitian menggunakan sampel sebanyak 100 responden, teknik pengambilan sampel dengan teknik non-probability sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh berdasarkan jawaban responden terhadap angket yang dibagikan peneliti kepada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang tahun 2013-2014. Metode analisis datanya menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis, sedangkan pengolahannya menggunakan SPSS 16.0 for windows. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa variabel gaya hidup (X1), brand awareness (X2) dan harga (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan pengolahan data model regresi linier berganda sebagai berikut : Y= 6,896 +0,352 X1 +0,242X2 +0,295X3+e Dari persamaan regresi diatas ketiga variabel variabel gaya hidup (X1), brand awareness (X2) dan harga (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung. Akan tetapi yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah faktor gaya hidup. Koefisiensi determinasi (R Square) sebesar 31,4% variabel keputusan pembelian (Y) dapat dijelaskan variabel-variabel independen.Sedangkan sisanya 68,6% dijelaskan oleh sebab-sebab diluar model. Hal ini menunjukkan pengaruh positif dan signifikan antara variabel gaya hidup,brand awareness dan harga terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang tahun 2013-2014.