Pengaruh tarif dan promosi terhadap keputusan membeli kartu prabayar produk Indosat IM3 oleh Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Main Author: Mahardika, Wahid Muslimin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5488/1/092411187.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5488/
Daftar Isi:
  • Mahasiswa UIN Walisongo sebagai anak muda yang dinamis, mempertimbangkan untuk mengambil keputusan membeli kartu prabayar produk indosat IM3. Jumlah perusahaan operator telepon seluler di Indonesia yang semakin banyak mengakibatkan persaingan untuk memperoleh dan mempertahankan konsumen seperti yang dilakukan Indosat IM3. Produk yang mudah didapatkan, harga yang terjangkau, dan promosi yang menarik, menjadikan produk tersebut diminati kaum muda seperti mahasiswa UIN Walisongo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah tarif mempengaruhi keputusan membeli kartu Indosat IM3 ? 2) Apakah promosi mempengaruhi keputusan membeli kartu Indosat IM3 ? 3) Apakah tarif dan promosi secara bersama-sama mempengaruhi keputusan membeli kartu Indosat IM3? Metode penelitian adalah metode penelitian yang berbentuk penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif denan Populasi penelitian ini adalah mahasiswa UIN Walisongo yang memakai kartu prabayar produk Indosat IM3. Pengambilan sampel adalah simple random sampling sebanyak 90 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Data diperoleh melalui kuesioner (angket), dan dokumentasi, setelah data diperoleh, peneliti analisis dengan menggunakan teknik analisis Regresi Sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan : 1) Terdapat pengaruh antara tarif terhadap keputusan membeli kartu Indosat IM3 dalam keputusan membeli kartu Indosat IM3, di mana nilai t hitung 2,812 dan p value (Sig) sebesar 0.,006 yang di bawah alpha 5% dengan sumbagnan sebesar 37,1%. 2) Terdapat pengaruh antara promosi terhadap keputusan membeli kartu Indosat IM3, di mana nilai t hitung 1,272 dan p value (Sig) sebesar 0.207 yang di atas alpha 5%, dengan sumbangan sebesar 11,6% . 3) Terdapat pengaruh tarif dan promosi secara bersama-sama terhadap keputusan membeli kartu Indosat IM3, di mana nilai P Value sebesar 0.000 dimana lebih kecil dari taraf signifikasi 0.05. ini artinya variabel tarif dan promosi secara berpengaruh bersama-sama keputusan membeli kartu Indosat IM3.