Tingkat penguasaan konsep dan retensi peserta didik MA Uswatun Hasanah pada materi hidrolisis melalui model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) bermuatan Multiple Level Representation

Main Author: Khulliyah, Khulliyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5145/1/113711002.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5145/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tingkat penguasaan konsep dan retensi peserta didik MA Uswatun Hasanah pada materi hidrolisis melalui model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) bermuatan Multiple Level Representation. Hal ini disebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi hidrolisis khususnya pada level mikroskopik. Di samping itu, pembelajaran yang dilakukan di MA Uswatun Hasanah masih menggunakan metode konvensional. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: seberapa tinggi tingkat penguasaan konsep dan retensi peserta didik MA Uswatun Hasanah pada materi hidrolisis melalui model POGIL bermuatan Multiple Level Representation. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MA Uswatun Hasanah. Penelitian ini menggunakan satu sampel untuk memperoleh data penelitian yaitu kelas XI jurusan IPA. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi untuk mendapatkan daftar nama-nama peserta didik kelas XI jurusan IPA MA Uswatun Hasanah dan metode tes untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik yang diperoleh dari nilai pretest, posttest, dan retest. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui model POGIL bermuatan Multiple Level Representation dapat meningkatkan tingkat penguasaan konsep dan retensi peserta didik kelas XI IPA MA Uswatun Hasanah. Terdapat 30% peserta didik mengalami peningkatan penguasaan konsep kategori tinggi, 40% peserta didik mengalami peningkatan penguasaan konsep kategori sedang, dan 30% mengalami peningkatan penguasaan konsep kategori rendah. Adapun tingkat retensi peserta kelas XI IPA MA Uswatun Hasanah adalah 92,7% yang tergolong tinggi.