Efektivitas model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dengan pendekatan saintifik berbantu alat peraga sederhana terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII pada materi garis singgung lingkaran di MTs Darul Ulum tahun pelajaran 2014/2015
Main Author: | Hidayah, Lailatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5104/1/113511007.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5104/ |
Daftar Isi:
- Kajiannya dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami peserta didik di MTs Darul Ulum dalam materi garis singgung lingkaran. Pada materi garis singgung peserta didik mengalami kesulitan dalam menentukan: 1. sudut siku-siku pada segitiga garis singgung lingkaran, sehingga peserta didik secara otomatis juga mengalami kesulitan dalam menerapkan teorema phytagoras dan menghitung panjang garis singgung lingkaran, 2. garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran, 3. garis singgung persekutuan luar dua lingkaran. Dari data yang diperoleh dari guru mata pelajaran matematika, rata-rata hasil belajar matematika pada materi garis singgung lingkaran tahun pelajaran 2014/2015 juga tidak mencapai KKM (70) yang telah ditentukan yaitu 59. Selain itu, peserta didik juga kurang aktif dalam pembelajaran dan pembelajaran cenderung berpusat pada guru. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah pembelajaran brain based learning (BBL) dengan pendekatan saintifik berbantu alat peraga sederhana terhadap hasil belajar dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam pencapaian hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII pada materi garis singgung lingkaran di MTs Darul Ulum Kerangkulon Demak tahun pelajaran 2014/2015. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MTs Darul Ulum Kerangkulon. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan menggunakan Cluster Random Sampling ditentukan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan masing-masing jumlah peserta didik sama yaitu 29. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh daftar nama peserta didik dan nilai hasil Ujian Akhir Sekolah (UAS) gasal yang digunakan untuk menentukan kelas yang akan dijadikan sampel. Sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh data nilai post test peserta didik pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 79,83 dan kelompok kontrol = 71,28. Dengan taraf signifikansi 5 % thitung = 1,673 dan ttabel = t(0,95) (56) = 4,395 diperoleh thitung > ttabel, sehingga rata-rata hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran brain based learning (BBL) dengan pendekatan saintifik berbantu alat peraga sederhana lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik menggunakan pembelajaran konvensional. Jika dipresentasekan maka nilai kelas eksperimen 11,93 % lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran brain based learning (BBL) dengan pendekatan saintifik berbantu alat peraga sederhana efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada pembelajaran matematika materi garis singgung lingkaran di MTs Darul Ulum Kerangkulon Demak tahun pelajaran 2014/2015.