Studi eksperimen model pembelajaran listening team dan team quiz terhadap hasil belajar peserta didik kelas III pada mata pelajaran IPS materi sejarah uang di MI Tamrinuth Thullab Sowan Lor Jepara semester genap tahun pelajaran 2014/2015
Main Author: | Zainuddin, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4592/1/103911074.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4592/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Listening Team dan Team Quiz ada pengaruh dan perbedaan terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI Tamrinuth Thullab Sowan Lor Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Peserta didik kelas III semester genap, yang terdiri dari III A dan III B. populasinya adalah kelas III A yang terdiri dari 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen I dan kelas III B yang terdiri dari 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen II. Sebelum melakukan penelitian, peneliti melakukan wawancara kepada guru kelas III MI Tamrinuth thullab dan peneliti melakukan observasi ketika proses pembelajaran antara guru dan peserta didik. Kesulitan-kesulitan masih dialami oleh siswa. Hal ini ditandai dengan masih rendahnya tingkat ketuntasan siswa dalam memahami materi yang disampaikan, karena guru masih menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode dokumentasi. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai tes sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi model yang berbeda, kelas eksperimen I menggunakan model Listening Team dan kelas eksperimen II menggunakan pembelajaran Team Quiz. Setelah data didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji signifikansi. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh thitung = 2,144, sedangkan ttabel = 1,69. Karena thitung>ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar IPS peserta didik yang diajar dengan pembelajaran dengan menggunakan model Listening Team pada kelas eksperimen I dan menggunakan model pembelajaran Team Quiz pada kelas eksperimen II terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen I= 72,586 dan kelas Eksperimen II = 67,679, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dan perbedaan model pembelajaran Listening Team dan Team Quiz terhadap hasil belajar IPS Semester II materi pokok Sejarah Uang kelas III Tahun Ajaran 2014/2015 di MI Tamrinuth Thullab Sowan Lor Jepara.