Pengaruh penggunaan strategi guided teaching terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA materi pokok pembuatan makanan pada tumbuhan di MI Al-Hadi Girikusuma Mranggen Demak tahun 2014/2015

Main Author: Hunailin, David
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4586/1/083911002.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4586/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas mengenai pengaruh penggunaan strategi Guided Teaching terhadap hasil belajar siswa mapel IPA kelas V di MI Al-Hadi Girikusuma Mranggen Demak. Kajiannya di latar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar terutama pada mapel IPA pada materi pokok pembuatan makanan pada tumbuhan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Apakah penggunaan strategi guided teaching berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa mapel IPA pada materi pokok pembuatan makanan pada tumbuhan di MI Al-Hadi Girikusuma Mranggen Demak? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian studi lapangan yang dilaksanakan di kelas V MI Al-Hadi Girikusuma Mranggen Demak, dengan responden sebanyak 48 siswa dalam satu kelas. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan metode angket, dokumentasi dan tes. Data diperoleh dengan cara penyebaran angket dengan jumlah soal 10 yang diberikan kepada 48 siswa kelas V dan dokumentasi yang berupa hasil belajar siswa, yaitu nilai ulangan siswa mapel IPA materi pokok pembuatan makanan pada tumbuhan. Semua data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan analisis deskriptif yaitu menggunakan teknik analisis korelasi product moment yang kemudian di analisis dengan analisis regresi sederhana untuk menguji hipotesis yang telah diajukan. Kajiannya menujukkan bahwa (1) Penggunaan strategi guiede teaching terhadap hasil belajar siswa mapel IPA materi pokok pembuatan makanan pada tumbuhan dengan memiliki nilai Sig hitung adalah 0,000 yang berarti bahwa nilai tersebut lebih kecil dari taraf signifikansi yang digunakan dalam penelitian ini yakni 0,05. Dengan demikian hipotesis dapat diterima sehingga terdapat pengaruh antara penggunaan strategi guided teaching terhadap hasil belajar siswa pada mapel IPA materi pokok pembuatan makanan pada tumbuhan di MI Al-Hadi Girikusuma Mranggen Demak Tahun 2014/2015.