Aplikasi Manajemen Strategik dalam Pelayanan Ibadah Haji di Kementerian Agama Kabupaten Demak Tahun 2011
Daftar Isi:
- Dalam penelitian ini, penulis berusaha menggambarkan bagaimana kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Demak khususnya seksi Gara Haji dan Umrah dalam melayani jamaah haji Kabupaten Demak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Kementerian Agama Kabupaten Demak kepada jamaah sudah baik. Hal ini terlihat dengan jenis pelayanan yang diberikan yaitu mulai dari pendaftaran, pemberangkatan, serta pemulangan jamaah haji. Untuk pelayanannya kepada jamaah, Kementerian Agama Kabupaten Demak berusaha semaksimal mungkin menerapkan Manajemen Strategik. Hal ini terbukti dengan adanya prinsip-prinsip Manjemen Strategik yang dijalankan di Kementerian Agama Kabupaten Demak tersebut seperti adanya perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi untuk mencapai tujuan Kementerian Agama Kabupaten Demak, yaitu meningkatkan kualitas pelayanan melalui perbaikan secara terus menerus dan berkelanjutan dengan menggunakan sarana dan prasarana yang ada di Kementerian Agama Kabupaten Demak. Penerapan Manajemen Strategik dalam pelayanan ibadah haji di Kementerian Agama Kabupaten Demak memang tidak mudah. Ada beberapa faktor yang mendukung dan menghambat. Faktor yang mendukung pelayanan kepada jamaah adalah hubungan dan pegawai yang solid, sarana dan prasarana bimbingan yang aplikatif, dan pembimbing yang bersertifikasi. Sedangkan faktor yang menghambat adalah keragaman jamaah yang tingkat pemahaman dan latar belakangnya berbeda, sehingga sering terjadi miss komunikasi.