ctrlnum 4108
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4108/</relation><title>Penerapan metode eksperimen pada pelajaran IPA materi fotosintesis untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MI Ma&#x2019;hadul Ulum Mutih Wetan Demak tahun pelajaran 2014/2015</title><creator>Imron, Ahmad</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>372.3 Sains untuk pendidikan dasar</subject><description>Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi pelajaran IPA yang baik adalah pelajaran yang mampu mengembangkan semangat dan kemampuan belajar, yang selama ini dilakukan di kelas V MI Ma&#x2019;hadul Ulum Mutih Wetan Demak yang melakukan proses pelajaran IPA dengan lebih banyak menggunakan metode konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa hanya mampu menghafal materi tanpa mengetahui maksud dari materi tersebut, selain itu siswa kurang antusias dengan pelajaran yang dilakukan dengan banyak yang mengantuk dan berbicara sendiri dengan temannya. Siswa hanya mendengar penjelasan guru dan menjawab pertanyaan dari guru, Guru IPA perlu mencoba menerapkan metode eksperimen. &#xD; Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan metode eksperimen pada pelajaran IPA materi fotosintesis di kelas V MI Ma&#x2019;hadul Ulum Mutih Wetan Demak Tahun Pelajaran 2014 / 2015? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi fotosintesis menggunakan metode eksperimen di kelas V MI Ma&#x2019;hadul Ulum Mutih Wetan Demak Tahun Pelajaran 2014 / 2015?&#xD; Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode eksperimen pada pelajaran IPA materi fotosintesis di kelas V MI Ma&#x2019;hadul Ulum Mutih Wetan Demak Tahun Pelajaran 2014 / 2015 dilakukan dengan guru melakukan eksperimen di depan kelas dan siswa memperhatikan, kemudian siswa secara kelompok melakukan eksperimen dengan bimbingan guru. Hasil dari eksperimen tiap kelompok kemudian dipresentasikan di depan kelas. Kelompok lain mengomentari hasil kerja kelompok yang presentasi. 2) Terjadi peningkatan hasil belajar IPA materi fotosintesis menggunakan metode eksperimen di kelas V MI Ma&#x2019;hadul Ulum Mutih Wetan Demak Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar per siklus dimana nilai ulangan harian ketuntasan belajar siswa pada pra siklus sebanyak 8 siswa (47%), mengalami kenaikan pada siklus I sebanyak 11 siswa (65%), dan pada siklus II sebanyak 15 siswa (88%). Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa indikator ketuntasan yang ditentukan yaitu ketuntasan di atas 85%. Sedangkan proses keaktifan siswa juga mengalami kenaikan yaitu dimana siklus I sebanyak 10 siswa atau 59%, dan pada siklus II sebanyak 15 siswa atau 88%</description><date>2014-12-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4108/1/133911157_coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4108/2/133911157_bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4108/3/133911157_bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4108/4/133911157_bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4108/5/133911157_bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4108/6/133911157_bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4108/7/133911157_bibliografi.pdf</identifier><identifier> Imron, Ahmad (2014) Penerapan metode eksperimen pada pelajaran IPA materi fotosintesis untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MI Ma&#x2019;hadul Ulum Mutih Wetan Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo. </identifier><recordID>4108</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Imron, Ahmad
title Penerapan metode eksperimen pada pelajaran IPA materi fotosintesis untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MI Ma’hadul Ulum Mutih Wetan Demak tahun pelajaran 2014/2015
publishDate 2014
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
372.3 Sains untuk pendidikan dasar
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4108/1/133911157_coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4108/2/133911157_bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4108/3/133911157_bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4108/4/133911157_bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4108/5/133911157_bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4108/6/133911157_bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4108/7/133911157_bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4108/
contents Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi pelajaran IPA yang baik adalah pelajaran yang mampu mengembangkan semangat dan kemampuan belajar, yang selama ini dilakukan di kelas V MI Ma’hadul Ulum Mutih Wetan Demak yang melakukan proses pelajaran IPA dengan lebih banyak menggunakan metode konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa hanya mampu menghafal materi tanpa mengetahui maksud dari materi tersebut, selain itu siswa kurang antusias dengan pelajaran yang dilakukan dengan banyak yang mengantuk dan berbicara sendiri dengan temannya. Siswa hanya mendengar penjelasan guru dan menjawab pertanyaan dari guru, Guru IPA perlu mencoba menerapkan metode eksperimen. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan metode eksperimen pada pelajaran IPA materi fotosintesis di kelas V MI Ma’hadul Ulum Mutih Wetan Demak Tahun Pelajaran 2014 / 2015? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi fotosintesis menggunakan metode eksperimen di kelas V MI Ma’hadul Ulum Mutih Wetan Demak Tahun Pelajaran 2014 / 2015? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode eksperimen pada pelajaran IPA materi fotosintesis di kelas V MI Ma’hadul Ulum Mutih Wetan Demak Tahun Pelajaran 2014 / 2015 dilakukan dengan guru melakukan eksperimen di depan kelas dan siswa memperhatikan, kemudian siswa secara kelompok melakukan eksperimen dengan bimbingan guru. Hasil dari eksperimen tiap kelompok kemudian dipresentasikan di depan kelas. Kelompok lain mengomentari hasil kerja kelompok yang presentasi. 2) Terjadi peningkatan hasil belajar IPA materi fotosintesis menggunakan metode eksperimen di kelas V MI Ma’hadul Ulum Mutih Wetan Demak Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar per siklus dimana nilai ulangan harian ketuntasan belajar siswa pada pra siklus sebanyak 8 siswa (47%), mengalami kenaikan pada siklus I sebanyak 11 siswa (65%), dan pada siklus II sebanyak 15 siswa (88%). Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa indikator ketuntasan yang ditentukan yaitu ketuntasan di atas 85%. Sedangkan proses keaktifan siswa juga mengalami kenaikan yaitu dimana siklus I sebanyak 10 siswa atau 59%, dan pada siklus II sebanyak 15 siswa atau 88%
id IOS2754.4108
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:49:11Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:44Z
recordtype dc
_version_ 1765821491641843712
score 17.538404