Daftar Isi:
  • Dalam kehidupan era saat ini, kebutuhan fashion sudah sangat menjamur di semua kalangan dari anak kecil sampai orang dewasa. Salah satu yang paling terlihat adalah perkembangan tren fashion anak muda dengan banyaknya dijumpai outlet-outlet distro di sepanjang jalan dan di mall. Kehadiran distro-distro Muslim dalam perindustrian distro di Indonesia oleh para pendirinya dimaksudkan agar produk distro Muslim bisa menjadi alternatif fashion bagi anak muda Muslim. Salah satunya adalah Mujahidin Distro yang membuka outlet di jalan Veteran nomor 110 Yogyakarta. Inilah yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis Parameter Diferensiasi Produk yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Muslim untuk Membeli di Mujahidin Distro Yogyakarta” dengan menggunakan parameter maslahah, harga yang adil, dan kualitas. Adapun yang menjadi permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh diferensiasi produk terhadap keputusan konsumen Muslim untuk membeli di Mujahidin Distro?” dan “Parameter diferensiasi produk manakah yang paling mempengaruhi keputusan konsumen Muslim untuk membeli di Mujahidin Distro?”. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh diferensiasi produk terhadap keputusan konsumen Muslim untuk membeli di Mujahidin Distro dan menganalisis parameter yang paling mempengaruhinya. Populasi penelitian ini adalah konsumen Muslim yang membeli di Mujahidin Distro Yogyakarta. Pengambilan sample menggunakan teknik non probability sampling dengan quota sampling sebanyak 50 subyek. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan uji validitas dan reablitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas data dan uji heteroskedastisitas, deskriptif variabel penelitian, analisis faktor, analisis regresi linier sederhana, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil olah data statistik dengan program SPSS versi 17 menunjukkan bahwa pengaruh variabel parameter diferensiasi produk (X) terhadap keputusan konsumen Muslim untuk membeli (Y) adalah positif dan signifikan. Nilai R2 sebesar 0,536 menunjukkan bahwa variabel X memberikan pengaruh terhadap variabel Y sebesar 53,6% dan sisanya 46,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 1,493 + 0,613 X. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai Fhitung lebih besar dari pada Ftabel (57,708 > 4,0426), dan nilai thitung juga lebih besar dari pada ttabel (7,597 > 2,0106). Sehinga hipotesis H1 dapat diterima. Dan diketahui Kualitas menjadi paramter yang paling berpengaruh dengan nilai MSA sebesar 0,774.