Daftar Isi:
  • Bisnis bank syari’ah di Indonesia semakin memperlihatkan perkembangan bagus. Seiring dengan perkembangan perbankan syari’ah di Indonesia, saat ini banyak perbankan syari’ah yang mengeluarkan produk investasi. Salah satu produk investasi yang cukup berkembang akhir-akhir ini adalah logam mulia (pembiayaan emas iB hasanah). Nasabah mulai menggunakan produk logam mulia karena melihat kemudahan dan keuntungan yang didapatnya. BNI syari’ah cabang Semarang yang terletak di Jl. Ahmad Yani No. 152 Semarang, memiliki produk kepemilikan investasi logam mulia. Hal ini yang melatar belakangi untuk diadakan penelitian. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat nasabah untuk berinvestasi logam mulia di BNI Syari’ah Cabang Semarang ? Metodologi yang digunakan adalah analisis regresi, uji simultan ,uji parsial, uji asumsi klasik, hipotesis dalam penelitian ini adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi nasabah terhadap logam mulia di BNI syari’ah cabang Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel faktor budaya (X1) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat investasi nasabah logam mulia di BNI syari’ah cabang Semarang dengan ditunjukkan P value 0,211 > 0,005. Variabel faktor sosial (X2) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat investasi nasabah logam mulia di BNI syari’ah cabang Semarang dengan ditunjukkan P value 0,576 > 0,005. Variabel faktor pribadi (X3) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap terhadap minat investasi nasabah logam mulia di BNI syari’ah cabang Semarang dengan ditunjukkan P value 0,006 > 0,005. Variabel faktor psikologi (X4) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap terhadap minat investasi nasabah logam mulia di BNI syari’ah cabang Semarang dengan ditunjukkan P value 0,559 > 0,005.