Implementasi metode pembiasaan dalam menginternalisasikan nilai-nilai akhlak mulia pada anak usia dini di TKAT Birrul Walidain Demaan Kudus
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Implementasi metode pembiasaan di TKAT Birrul Walidain, 2). Proses internalisasi nilai-nilai akhlak mulia pada anak usia dini di TKAT Birrul Walidain melalui metode pembiasaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif analitik dengan pengumpulan data secara induktif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, implementasi metode pembiasaan di TKAT Birrul Walidain ini dilaksanakan secara terus menerus dan konsisten melalui kegiatan-kegiatan yang ada di lembaga tersebut. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan pada pra KBM (Keiatan Belajar Mengajar), anak masuk kelas sampai pulang sekolah. Metode ini pembiasaan ini sangat sesuai untuk anak usia dini karena ini sesuai dengan psikologi anak yang mudah meniru dan mudah untuk menerima apa yang di sampaikan dan diperintahkan oleh guru. Kedua, proses internalisasi nilai-nilai akhlak mulia pada anak usia dini melalui metode pembiasaan di TKAT Birrul Walidain ini melalui kegiatan-kegiatan yang di mulai dari pra KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) sampai pulang sekolah melalui adanya sebuah penerimaan (rangsangan), partisipasi, penentuan tingkah laku dan interalisasi. Kemudian dari kajian dan temuan-temuan diatas, kiranya dapat dijadikan sebagai acuan untuk implementasi metode pembiasaan sebagai upaya untuk menginternalisasikan nilai-nilai akhlak mulia pada anak usia dini. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan pemikiran, informasi, pengetahuan serta sumbangsih bagi para praktisi pendidikan, lembaga-lembaga pendidikan, para pemikir pendidikan, mahasiswa serta seluruh pihak yang membutuhkanya di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.