ctrlnum 3247
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3247/</relation><title>Implementasi metode pembiasaan dalam menginternalisasikan nilai-nilai akhlak mulia pada anak usia dini di TKAT Birrul Walidain Demaan Kudus</title><creator>Sulistyorini, Sulistyorini</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>372 Elementary education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Implementasi metode pembiasaan di TKAT Birrul Walidain, 2). Proses internalisasi nilai-nilai akhlak mulia pada anak usia dini di TKAT Birrul Walidain melalui metode pembiasaan.&#xD; Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif analitik dengan pengumpulan data secara induktif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. &#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, implementasi metode pembiasaan di TKAT Birrul Walidain ini dilaksanakan secara terus menerus dan konsisten melalui kegiatan-kegiatan yang ada di lembaga tersebut. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan pada pra KBM (Keiatan Belajar Mengajar), anak masuk kelas sampai pulang sekolah. Metode ini pembiasaan ini sangat sesuai untuk anak usia dini karena ini sesuai dengan psikologi anak yang mudah meniru dan mudah untuk menerima apa yang di sampaikan dan diperintahkan oleh guru. Kedua, proses internalisasi nilai-nilai akhlak mulia pada anak usia dini melalui metode pembiasaan di TKAT Birrul Walidain ini melalui kegiatan-kegiatan yang di mulai dari pra KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) sampai pulang sekolah melalui adanya sebuah penerimaan (rangsangan), partisipasi, penentuan tingkah laku dan interalisasi.&#xD; Kemudian dari kajian dan temuan-temuan diatas, kiranya dapat dijadikan sebagai acuan untuk implementasi metode pembiasaan sebagai upaya untuk menginternalisasikan nilai-nilai akhlak mulia pada anak usia dini.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan pemikiran, informasi, pengetahuan serta sumbangsih bagi para praktisi pendidikan, lembaga-lembaga pendidikan, para pemikir pendidikan, mahasiswa serta seluruh pihak yang membutuhkanya di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.</description><date>2010-12-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3247/1/63111017_Coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3247/2/63111017_Bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3247/3/63111017_Bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3247/4/63111017_Bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3247/5/63111017_Bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3247/6/63111017_Bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3247/7/63111017_Bibliografi.pdf</identifier><identifier> Sulistyorini, Sulistyorini (2010) Implementasi metode pembiasaan dalam menginternalisasikan nilai-nilai akhlak mulia pada anak usia dini di TKAT Birrul Walidain Demaan Kudus. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>3247</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sulistyorini, Sulistyorini
title Implementasi metode pembiasaan dalam menginternalisasikan nilai-nilai akhlak mulia pada anak usia dini di TKAT Birrul Walidain Demaan Kudus
publishDate 2010
topic 297.77 Islamic religious education
372 Elementary education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3247/1/63111017_Coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3247/2/63111017_Bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3247/3/63111017_Bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3247/4/63111017_Bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3247/5/63111017_Bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3247/6/63111017_Bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3247/7/63111017_Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3247/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Implementasi metode pembiasaan di TKAT Birrul Walidain, 2). Proses internalisasi nilai-nilai akhlak mulia pada anak usia dini di TKAT Birrul Walidain melalui metode pembiasaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif analitik dengan pengumpulan data secara induktif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, implementasi metode pembiasaan di TKAT Birrul Walidain ini dilaksanakan secara terus menerus dan konsisten melalui kegiatan-kegiatan yang ada di lembaga tersebut. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan pada pra KBM (Keiatan Belajar Mengajar), anak masuk kelas sampai pulang sekolah. Metode ini pembiasaan ini sangat sesuai untuk anak usia dini karena ini sesuai dengan psikologi anak yang mudah meniru dan mudah untuk menerima apa yang di sampaikan dan diperintahkan oleh guru. Kedua, proses internalisasi nilai-nilai akhlak mulia pada anak usia dini melalui metode pembiasaan di TKAT Birrul Walidain ini melalui kegiatan-kegiatan yang di mulai dari pra KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) sampai pulang sekolah melalui adanya sebuah penerimaan (rangsangan), partisipasi, penentuan tingkah laku dan interalisasi. Kemudian dari kajian dan temuan-temuan diatas, kiranya dapat dijadikan sebagai acuan untuk implementasi metode pembiasaan sebagai upaya untuk menginternalisasikan nilai-nilai akhlak mulia pada anak usia dini. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan pemikiran, informasi, pengetahuan serta sumbangsih bagi para praktisi pendidikan, lembaga-lembaga pendidikan, para pemikir pendidikan, mahasiswa serta seluruh pihak yang membutuhkanya di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
id IOS2754.3247
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:48:37Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:26Z
recordtype dc
_version_ 1765821485021134848
score 17.538404