Efektifitas penggunaan laboratorium alam di sekitar sekolah terhadap hasil belajar Biologi materi pokok saling ketergantungan dalam ekosistem pada siswa kelas VII SMP Nurul Islam Krapyak Semarang tahun pelajaran 2009/2010
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan laboratorium alam di sekitar sekolah untuk pembelajaran biologi materi pokok saling ketergantungan dalam ekosistem. pada Siswa Kelas VII SMP Nurul Islam Krapyak Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan penggunaan laboratorium alam disekitar sekolah pada materi pokok saling ketergantungan dalam ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII A sebagai kelas control dan Kelas VII C sebagai kelas eksperimen SMP Nurul Islam Krapyak Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah peserta didik sebanyak 72 anak. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 73, 444 dan rata-rata kelompok kontrol 73,472. Dengan standar deviasi 7.742. berdasarkan uji perbedaan rata-rata satu pihak yaitu uji pihak kanan Dengan taraf signifikansi = 5%, dk = 36+ 36-2 = 70. Peluang = 1- = 1-0,05 = 0,95 dari daftar distribusi t didapat ttabel =2,00. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian diperoleh thitung = -0,015 dan ttabel = 2,00. Kriteria pengujian Ho diterima jika thitung < ttabel. Karena pada penelitian ini thitung < ttabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak. artinya hasil belajar kelompok eksperimen tidak ada perbedaan dengan kelompok kontrol. Karena hasil belajar eksperimen dan kelompok kontrol tidak ada perbedaan maka dapat disimpulkan tidak dapat perbedaan hasil antara penggunaan laboratorium disekitar sekolah dengan metode konvensional materi pokok saling ketergantungan dalam ekosistem siswa kelas VII SMP Nurul Islam Krapyak Semarang.