Daftar Isi:
  • Permasalahan yang timbul adalah : bagaimana kondisi pembelajaran mata pelajaran SKI di kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus, sehingga hasilnya kurang maksimal ? dan bagaimana penerapan metode sosio drama pada mata pelajaran SKI materi keperwiraan shalahuddin al ayyubi pada kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus ? serta apakah penerapan metode sosio drama dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi keperwiraan shalahuddin al ayyubi di kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus ? Metode yang digunakan pada pembelajaran ini adalah metode sosio drama dan dilakukan tiga siklus ( siklus I, II dan III ) dimana setiap siklusnya dilaksanakan empat tahapan yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Untuk mengetahui kondisi yang sesungguhnya pada pembelajaran SKI materi keperwiraan shalahuddin al ayyubi di kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus, baik sebelum tindakan maupun sesudah tindakan adalah menggunakan metode interview dan metode observasi serta metode dokumentasi. Metode interview untuk mengetahui kondisi awal sebelum diadakan tindakan, metode observasi untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan selama proses pembelajaran. Serta metode dokumentasi untuk mengetahui prestasi atau hasil yang dicapai setelah proses pembelajaran berakhir. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan subyek siswa kelas VIII A MTs Miftahul Huda yang terdiri dari 34 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes untuk mengukur prestasi siswa dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa disetiap siklusnya. Simpulan penelitian ini adalah proses pembelajaran dilaksanakan melalui empattahap. Prestasi siswa pada tiap siklus mengalami peningkatan cukup signifikan. Siklus I, memperoleh 64,11 (criteria cukup) daya serap 39,79 %, ketuntasan 52,94% (18 siswa tuntas belajar), siklus II memperoleh 69,11 (criteria cukup) daya serap 53,35%, ketuntasan belajar 64,70% (22 siswa tuntas belajar) dan siklus III nilai rata-rata mencapai 78,12 (criteria baik) daya serap 72,82%, ketuntasan belajar 91,17% (31 siswa tuntas belajar) sehingga penerapan metode sosio drama pada materi keperwiraan Shalahuddin Al Ayyubi terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun ajaran 2010-2011.