ctrlnum 2493
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2493/</relation><title>Upaya meningkatkan prestasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi keperwiraan Sholahuddin al Ayyubi melalui metode sosio drama (penelitian tindakan kelas pada kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus tahun ajaran 2010 / 2011</title><creator>Ngarsimin, Ngarsimin</creator><subject>297.61 Islamic leaders</subject><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371 School management; special education</subject><description>Permasalahan yang timbul adalah : bagaimana kondisi pembelajaran mata pelajaran SKI di kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus, sehingga hasilnya kurang maksimal ? dan bagaimana penerapan metode sosio drama pada mata pelajaran SKI materi keperwiraan shalahuddin al ayyubi pada kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus ? serta apakah penerapan metode sosio drama dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi keperwiraan shalahuddin al ayyubi di kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus ?&#xD; Metode yang digunakan pada pembelajaran ini adalah metode sosio drama dan dilakukan tiga siklus ( siklus I, II dan III ) dimana setiap siklusnya dilaksanakan empat tahapan yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.&#xD; Untuk mengetahui kondisi yang sesungguhnya pada pembelajaran SKI materi keperwiraan shalahuddin al ayyubi di kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus, baik sebelum tindakan maupun sesudah tindakan adalah menggunakan metode interview dan metode observasi serta metode dokumentasi. Metode interview untuk mengetahui kondisi awal sebelum diadakan tindakan, metode observasi untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan selama proses pembelajaran. Serta metode dokumentasi untuk mengetahui prestasi atau hasil yang dicapai setelah proses pembelajaran berakhir.&#xD; Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan subyek siswa kelas VIII A MTs Miftahul Huda yang terdiri dari 34 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes untuk mengukur prestasi siswa dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa disetiap siklusnya.&#xD; Simpulan penelitian ini adalah proses pembelajaran dilaksanakan melalui empattahap. Prestasi siswa pada tiap siklus mengalami peningkatan cukup signifikan. Siklus I, memperoleh 64,11 (criteria cukup) daya serap 39,79 %, ketuntasan 52,94% (18 siswa tuntas belajar), siklus II memperoleh 69,11 (criteria cukup) daya serap 53,35%, ketuntasan belajar 64,70% (22 siswa tuntas belajar) dan siklus III nilai rata-rata mencapai 78,12 (criteria baik) daya serap 72,82%, ketuntasan belajar 91,17% (31 siswa tuntas belajar) sehingga penerapan metode sosio drama pada materi keperwiraan Shalahuddin Al Ayyubi terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun ajaran 2010-2011.</description><date>2011-06-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2493/1/093111412-cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2493/2/093111412-Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2493/3/093111412-Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2493/4/093111412-Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2493/5/093111412-Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2493/6/093111412-Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2493/7/093111412-Bibliografi.pdf</identifier><identifier> Ngarsimin, Ngarsimin (2011) Upaya meningkatkan prestasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi keperwiraan Sholahuddin al Ayyubi melalui metode sosio drama (penelitian tindakan kelas pada kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus tahun ajaran 2010 / 2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>2493</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ngarsimin, Ngarsimin
title Upaya meningkatkan prestasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi keperwiraan Sholahuddin al Ayyubi melalui metode sosio drama (penelitian tindakan kelas pada kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus tahun ajaran 2010 / 2011
publishDate 2011
topic 297.61 Islamic leaders
297.77 Islamic religious education
371 School management
special education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2493/1/093111412-cover.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2493/2/093111412-Bab%201.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2493/3/093111412-Bab%202.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2493/4/093111412-Bab%203.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2493/5/093111412-Bab%204.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2493/6/093111412-Bab%205.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2493/7/093111412-Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2493/
contents Permasalahan yang timbul adalah : bagaimana kondisi pembelajaran mata pelajaran SKI di kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus, sehingga hasilnya kurang maksimal ? dan bagaimana penerapan metode sosio drama pada mata pelajaran SKI materi keperwiraan shalahuddin al ayyubi pada kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus ? serta apakah penerapan metode sosio drama dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi keperwiraan shalahuddin al ayyubi di kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus ? Metode yang digunakan pada pembelajaran ini adalah metode sosio drama dan dilakukan tiga siklus ( siklus I, II dan III ) dimana setiap siklusnya dilaksanakan empat tahapan yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Untuk mengetahui kondisi yang sesungguhnya pada pembelajaran SKI materi keperwiraan shalahuddin al ayyubi di kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus, baik sebelum tindakan maupun sesudah tindakan adalah menggunakan metode interview dan metode observasi serta metode dokumentasi. Metode interview untuk mengetahui kondisi awal sebelum diadakan tindakan, metode observasi untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan selama proses pembelajaran. Serta metode dokumentasi untuk mengetahui prestasi atau hasil yang dicapai setelah proses pembelajaran berakhir. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan subyek siswa kelas VIII A MTs Miftahul Huda yang terdiri dari 34 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes untuk mengukur prestasi siswa dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa disetiap siklusnya. Simpulan penelitian ini adalah proses pembelajaran dilaksanakan melalui empattahap. Prestasi siswa pada tiap siklus mengalami peningkatan cukup signifikan. Siklus I, memperoleh 64,11 (criteria cukup) daya serap 39,79 %, ketuntasan 52,94% (18 siswa tuntas belajar), siklus II memperoleh 69,11 (criteria cukup) daya serap 53,35%, ketuntasan belajar 64,70% (22 siswa tuntas belajar) dan siklus III nilai rata-rata mencapai 78,12 (criteria baik) daya serap 72,82%, ketuntasan belajar 91,17% (31 siswa tuntas belajar) sehingga penerapan metode sosio drama pada materi keperwiraan Shalahuddin Al Ayyubi terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun ajaran 2010-2011.
id IOS2754.2493
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:48:06Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:11Z
recordtype dc
_version_ 1765821480036204544
score 17.538404