ctrlnum 2316
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2316/</relation><title>Pengaruh kemampuan penalaran dan komunikasi matematika terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan pada peserta didik semester 2 kelas VII MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang tahun pelajaran 2010/2011</title><creator>Faroh, Nailil</creator><subject>371 School management; special education</subject><subject>510 Mathematics</subject><description>Skripsi ini membahas tentang pengaruh kemampuan penalaran dan komunikasi matematika terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan. Kajian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita yang masih tergolong rendah. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Adakah pengaruh kemampuan penalaran (X1) terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan (Y); 2) Adakah pengaruh kemampuan komunikasi matematika (X2) terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan (Y); 3) Adakah pengaruh kemampuan penalaran (X1) dan kemampuan komunikasi matematika (X2) secara bersama-sama terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan (Y) peserta didik Semester 2 Kelas VII MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik regresi ganda. Subjek penelitian sebanyak 38 responden, menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen soal untuk menjaring data X1, X2, dan Y. Instrumen soal sebelum digunakan untuk mendapat data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas, reliabitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda.&#xD; Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh kemampuan penalaran terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan, ditunjukkan oleh koefisien korelasi r = 0,478 pada taraf signifikan &#x3B1; = 0,05 dan koefisien determinasi r2 = 0,2285. Hal ini menunjukkan bahwa 22,85% variasi skor kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan dipengaruhi oleh kemampuan penalaran melalui fungsi taksiran = 31,291 + 0,544 . (2) ada pengaruh kemampuan komunikasi matematika terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan, ditunjukkan oleh koefisien korelasi r = 0.757 pada taraf signifikan &#x3B1; = 0,05 dan koefisien determinasi r2 = 0,573. Hal ini menunjukkan bahwa 57,3% variasi skor kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan dipengaruhi oleh kemampuan komunikasi matematika melalui fungsi taksiran = 25,134 + 0,589 . (3) ada pengaruh kemampuan penalaran dan komunikasi matematika terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan, ditunjukkan oleh koefisien korelasi R = 0,72 pada taraf signifikan &#x3B1; = 0,05 dan koefisien determinasi R2 = 0,624. Hal ini menunjukkan bahwa 62,4% variasi skor kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan dipengaruhi oleh kemampuan penalaran dan komunikasi matematika melalui fungsi taksiran = 13,646 + 0,273 + 0,523 .&#xD; Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika sehingga dapat menyelesaikan soal-soal matematika yang termasuk kategori masalah</description><date>2011-06-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2316/1/73511007_coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2316/2/73511007_bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2316/3/73511007_bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2316/4/73511007_bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2316/5/73511007_bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2316/6/73511007_bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2316/7/73511007_bibliografi.pdf</identifier><identifier> Faroh, Nailil (2011) Pengaruh kemampuan penalaran dan komunikasi matematika terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan pada peserta didik semester 2 kelas VII MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>2316</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Faroh, Nailil
title Pengaruh kemampuan penalaran dan komunikasi matematika terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan pada peserta didik semester 2 kelas VII MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang tahun pelajaran 2010/2011
publishDate 2011
topic 371 School management
special education
510 Mathematics
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2316/1/73511007_coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2316/2/73511007_bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2316/3/73511007_bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2316/4/73511007_bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2316/5/73511007_bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2316/6/73511007_bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2316/7/73511007_bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2316/
contents Skripsi ini membahas tentang pengaruh kemampuan penalaran dan komunikasi matematika terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan. Kajian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita yang masih tergolong rendah. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Adakah pengaruh kemampuan penalaran (X1) terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan (Y); 2) Adakah pengaruh kemampuan komunikasi matematika (X2) terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan (Y); 3) Adakah pengaruh kemampuan penalaran (X1) dan kemampuan komunikasi matematika (X2) secara bersama-sama terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan (Y) peserta didik Semester 2 Kelas VII MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik regresi ganda. Subjek penelitian sebanyak 38 responden, menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen soal untuk menjaring data X1, X2, dan Y. Instrumen soal sebelum digunakan untuk mendapat data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas, reliabitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh kemampuan penalaran terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan, ditunjukkan oleh koefisien korelasi r = 0,478 pada taraf signifikan α = 0,05 dan koefisien determinasi r2 = 0,2285. Hal ini menunjukkan bahwa 22,85% variasi skor kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan dipengaruhi oleh kemampuan penalaran melalui fungsi taksiran = 31,291 + 0,544 . (2) ada pengaruh kemampuan komunikasi matematika terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan, ditunjukkan oleh koefisien korelasi r = 0.757 pada taraf signifikan α = 0,05 dan koefisien determinasi r2 = 0,573. Hal ini menunjukkan bahwa 57,3% variasi skor kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan dipengaruhi oleh kemampuan komunikasi matematika melalui fungsi taksiran = 25,134 + 0,589 . (3) ada pengaruh kemampuan penalaran dan komunikasi matematika terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan, ditunjukkan oleh koefisien korelasi R = 0,72 pada taraf signifikan α = 0,05 dan koefisien determinasi R2 = 0,624. Hal ini menunjukkan bahwa 62,4% variasi skor kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan dipengaruhi oleh kemampuan penalaran dan komunikasi matematika melalui fungsi taksiran = 13,646 + 0,273 + 0,523 . Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika sehingga dapat menyelesaikan soal-soal matematika yang termasuk kategori masalah
id IOS2754.2316
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:47:56Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:06Z
recordtype dc
_version_ 1765821478803079168
score 17.538404