Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hasil belajar ketrampilan istima’ untuk siswa yang menggunakan media film di MTsN 02 Semarang, (2) untuk mengetahui untuk mengetahui hasil belajar ketrampilan istima’ untuk siswa yang tidak menggunakan media film di MTsN 02 Semarang, (3) dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media film terhadap hasil belajar ketrampilan istima’ untuk siswa di MTsN 02 Semarang. Metode yang digunakan untuk mengumpulka data adalah: metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tes. Dan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode T-Test. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan film dalam pembelajaran ketrampilan istima’ untuk siswa pada kelas VII di MTsN 02 Semarang efektif, karena nilai yag dihasilkan (To:5,935) lebih besar dari nilai pada jadwal (Tt) pada taraf signifikansi 5%=1,980. Dan untuk taraf signifikansi 1%=2,617. Dari keterangan tersebut, dapat diketahui bahwa hipotesa yang diajukan sesungguhnya media film efektif dalam pembelajaran ketrampilan istima’ untuk siswa pada kelas VII di MTsN 02 semarang diterima, karena nilai yang dihasilkan lebih besar dari nilai table. Dari kesimpulan diatas dapat diketahui bahwa penggunaan film efektif untuk pembelajarn siswa pada ketrampilan istima’ di MTsN 02 Semarang.