Pengaruh kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syari’ah terhadap kepuasan nasabah KPR di BNI Syari’ah Cabang Semarang
Daftar Isi:
- Seiring dengan semakin bekembangnya ekonomi di Indonesia, saat ini banyak lembaga yang menerapkan prinsip-prinsip syari’ah dalam menjalankan usahanya seperti perbankan syari’ah, reksadana syari’ah, pasar modal syari’ah, sehingga sektor bisnis dibidang perbankan juga menerapkan prinsip syari’ah. Tidak sedikit bank yang mulai menerapkan prinsip-prinsip syari’ah dalam menjalankan kegiatan operasional bisnisnya. BNI syari’ah cabang Semarang yang terletak di Jl. A. Yani, memiliki produk pembiayaan kredit kepemilikan rumah (KPR) dengan nama BNI iB griya. Dimana BNI iB griya ini mempunyai skim pembiayaan secara jual beli murabahah dengan jangka waktu yang di tawarkan mulai 5 sampai 15 tahun (sesuai dengan umur pensiun nasabah). Kelebihan yang di miliki BNI iB griya ini adalah angsuran yang tetap hingga jatuh tempo berakhir sehingga nasabah akan merasa tenang dan dapat mengatur keuangannya dengan lebih baik setiap bulan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syari’ah memberikan kepuasan bagi nasabah khususnya nasabah KPR di BNI Syari’ah cabang Semarang ? Metodologi yang digunakan adalah analisis regresi, uji simultan ,uji parsial, uji asumsi klasik, hipotesis dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syari’ah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah KPR di BNI syari’ah cabang semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syari’ah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah KPR, terlihat F hitung 5,193 dimana lebih besar dari F tabel 3,285. dengan ini variabel independen mempengaruhi svariabel dependen sebesar 24,5%, sedang sisanya sebesar 76,5% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini