Analisis kualitas pelayanan dan kualitas produk serta pengaruhnya terhadap kepercayaan nasabah pada Pegadaian Syari’ah cabang Majapahit Semarang
Daftar Isi:
- Berdirinya Pegadaian Syari’ah di Semarang membuat persaingan dalam bisnis lembaga keuangan semakin ketat. Pegadaian Syari’ah mempunyai kantor cabang yang sangat minim dibandingkan Pegadaian konvensional tetapi mampu meningkatkan omsetnya 100% lebih tiap tahunnya, Pegadaian syari’ah perlu berusaha untuk mempertahankan nasabahnya agar mereka tidak beralih ke tempat lain. Diantara yang menjadi pertimbangan nasabah dalam menggunakan produk jasa adalah kualitas pelayanan dan kualitas produk dari lembaga keuangan tersebut. Fenomena inilah yang mendorong dilakukannya penelitian dengan judul “Analisis Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Serta Pengaruhnya Terhadap Kepercayaan Nasabah Pada Pegadaian Syari’ah Cabang Majapahit Semarang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepercayaan nasabah pada Pegadaian Syari’ah Cabang Majapahit Semarang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh antara Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepercayaan Nasabah Pada Pegadaian Syari’ah Cabang Majapahit Semarang. Manfaat penelitian ini adalah untuk bahan pertimbangan Pegadaian Syari’ah dalam pengambilan keputusan dan sebagai bahan pertimbangan Masyarakat untuk menggunakan produk dari Pegadaian Syari’ah. Populasi penelitian ini adalah nasabah yang pernah menggunakan jasa dari Pegadaian Syari’ah Cabang Majapahit Semarang. Pengambilan sampel menggunakan sampling incidental sebanyak 110 nasabah. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi, teknik analisa yang digunakan adalah Regresi Berganda. Hasil perhitungan secara simultan diperoleh Fhitung (15,806) > Ftabel (3,085), berarti hipotesis yang menyatakan ada pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepercayaan nasabah pada Pegadaian Syari’ah Cabang Majapahit Semarang diterima. Sedangkan dari uji partial diperoleh untuk kualitas pelayanan thitung (1,749) < ttabel (1,984), berarti hipotesis ada pegaruh kualitas pelayanan terhadap kepercayaan nasabah pada Pegadaian Syari’ah Cabang Majapahit Semarang ditolak, dan untuk kualitas produk thitung (4,005) > ttabel (1,984), berarti hipotesis ada pegaruh kualitas produk terhadap kepercayaan nasabah pada Pegadaian Syari’ah Cabang Majapahit Semarang diterima.