Strategi promosi Surya Yudha Park dalam pemasaran wisata manasik haji di Banjarnegara

Main Author: Al'fiah, Neli Huzainatun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19043/1/1801036123_NELI_FULLSKRPSI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19043/
Daftar Isi:
  • Wisata Manasik Haji dan Umrah selain menjadi tempat pelatihan manasik bagi para jamaah haji umrah juga menjadi sarana edukasi bagi sebagian masyarakat. Wisata manasik memiliki area yang menyerupai aslinya, kronologi atau replika-replika yang lengkap serta tempatnya memadai, terdapat fasilitas yang nyaman serta lokasi wisata yang dipusat kota sehingga memudahkan akses untuk berkunjung. Berbagai daya tarik pada wisata Manasik Haji perlu dilakukan sebuah promosi yang berkelanjutan dengan memanfaatkan beberapa media yang efektif oleh Surya Yudha Park. Penulisan skripsi ini berfokus pada: 1. Bagaimana strategi promosi Surya Yudha Park dalam pemasaran wisata Manasik Haji di Banjarnegara? 2.Apa yang menjadi kendala Strategi Promosi Surya Yudha Park dalam pemasaran wisata Manasik Haji di Banjarnegara Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah guna mencari tahu strategi promosi Surya Yudha Park dalam memasarkan Wisata Manasik Haji di Banjarnegara serta untuk mengetahui kendala strategi promosi Surya Yudha Park dalam pemasaran wisata Manasik Haji di Banjarnegara. Penelitian ini memakai metode kua1itatif desktriptif. Teknik pengumpu1an data da1am penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: Pertama strategi promosi yang dilakukan oleh Surya Yudha Park dalam pemasaran wisata manasik antara lain strategi kerjasama dengan beberapa sekolah dan biro haji umrah. Kemudian Strategi penggunaan media cetak seperti brosur, flyer dan media sosial seperti instagram, facebook, website. Strategi paket wisata yang didalamnya ada bundling dengan wahana lain yang ada di Surya Yudha Park, serta strategi pengiriman duta dalam event yang di dalamnya dilakukan flyring. Kedua kendala dalam pelaksanaan startegi promosi yang dilakukan Oleh Surya Yudha Park dalam pemasaran wisata manasik yaitu: fasilitas yang perlu dikembangkan lagi baik memperbaiki yang sudah ada tau menambahnya sesuai fungsinya, jadwal kunjungan wisatawan yang bisa bertabrakan karena tidak tepatnya waktu kunjungan. Dengan minimnya kendala yang terjadi membuktikan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh Surya Yudha Park berjalan dengan baik dan sesuai sasaran pemasaran wisata manasik.