Studi komparasi hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis antara siswa alumni MTs Dan SMP di MAN Pemalang

Main Author: Cindyluthfizah, Hanifah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18719/1/1803016022_Hanifah%20Cindyluthfizah_Full%20Skripsi%20-%20Hanifah%20Cindy.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18719/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang komparasi/ perbandingan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis antara siswa alumni MTs dan SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar siswa alumni MTs terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. 2) hasil belajar siswa alumni SMP terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. 3) apakah terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis antara siswa alumni MTs dan SMP di MAN Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Pemalang yang berjumlah 322 siswa, namun hanya sejumlah siswa yang sekiranya representatif artinya dapat mewakili dari keseluruhan kelas X yang mana masing-masing terdapat siswa dari alumni MTs maupun SMP di MAN Pemalang. Sedangkan sampelnya yaitu siswa alumni MTs sebanyak 32 siswa dan alumni SMP sebanyak 32 siswa. Analisis yang digunakan adalah analisis komparasi, dengan teknik analis t test untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis antara siswa alumni MTs dan SMP di Pemalang. Hasil penelitian: (1) Hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa alumni MTs di MAN Pemalang dengan jumlah responden 32 siswa diperoleh hasil tes yaitu dengan jumlah rata-rata 86,78 termasuk dalam kategori cukup baik. (2) Hasil Belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa alumni SMP di MAN Pemalang dengan jumlah responden 32 siswa diperoleh hasil tes yaitu dengan jumlah rata-rata 87,22 termasuk dalam kategori cukup baik. (3) dari hasil pengujian t-test menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan pada hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis antara siswa alumni MTs dan SMP di MAN Pemalang.