Studi komparasi hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis antara siswa alumni MTs Dan SMP di MAN Pemalang

Main Author: Cindyluthfizah, Hanifah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18719/1/1803016022_Hanifah%20Cindyluthfizah_Full%20Skripsi%20-%20Hanifah%20Cindy.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18719/
ctrlnum 18719
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18719/</relation><title>Studi komparasi hasil belajar mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadis antara siswa alumni MTs Dan SMP di MAN Pemalang</title><creator>Cindyluthfizah, Hanifah</creator><subject>297.1224 Recitation and Reading</subject><description>Skripsi ini membahas tentang komparasi/ perbandingan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadis antara siswa alumni MTs dan SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar siswa alumni MTs terhadap mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadis. 2) hasil belajar siswa alumni SMP terhadap mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadis. 3) apakah terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadis antara siswa alumni MTs dan SMP di MAN Pemalang.&#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Pemalang yang berjumlah 322 siswa, namun hanya sejumlah siswa yang sekiranya representatif artinya dapat mewakili dari keseluruhan kelas X yang mana masing-masing terdapat siswa dari alumni MTs maupun SMP di MAN Pemalang. Sedangkan sampelnya yaitu siswa alumni MTs sebanyak 32 siswa dan alumni SMP sebanyak 32 siswa. Analisis yang digunakan adalah analisis komparasi, dengan teknik analis t test untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadis antara siswa alumni MTs dan SMP di Pemalang.&#xD; Hasil penelitian: (1) Hasil belajar mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadis siswa alumni MTs di MAN Pemalang dengan jumlah responden 32 siswa diperoleh hasil tes yaitu dengan jumlah rata-rata 86,78 termasuk dalam kategori cukup baik. (2) Hasil Belajar mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadis siswa alumni SMP di MAN Pemalang dengan jumlah responden 32 siswa diperoleh hasil tes yaitu dengan jumlah rata-rata 87,22 termasuk dalam kategori cukup baik. (3) dari hasil pengujian t-test menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan pada hasil belajar mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadis antara siswa alumni MTs dan SMP di MAN Pemalang.</description><date>2022-09-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18719/1/1803016022_Hanifah%20Cindyluthfizah_Full%20Skripsi%20-%20Hanifah%20Cindy.pdf</identifier><identifier> Cindyluthfizah, Hanifah (2022) Studi komparasi hasil belajar mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadis antara siswa alumni MTs Dan SMP di MAN Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>18719</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Cindyluthfizah, Hanifah
title Studi komparasi hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis antara siswa alumni MTs Dan SMP di MAN Pemalang
publishDate 2022
isbn 9781803016023
topic 297.1224 Recitation and Reading
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18719/1/1803016022_Hanifah%20Cindyluthfizah_Full%20Skripsi%20-%20Hanifah%20Cindy.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18719/
contents Skripsi ini membahas tentang komparasi/ perbandingan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis antara siswa alumni MTs dan SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar siswa alumni MTs terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. 2) hasil belajar siswa alumni SMP terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. 3) apakah terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis antara siswa alumni MTs dan SMP di MAN Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Pemalang yang berjumlah 322 siswa, namun hanya sejumlah siswa yang sekiranya representatif artinya dapat mewakili dari keseluruhan kelas X yang mana masing-masing terdapat siswa dari alumni MTs maupun SMP di MAN Pemalang. Sedangkan sampelnya yaitu siswa alumni MTs sebanyak 32 siswa dan alumni SMP sebanyak 32 siswa. Analisis yang digunakan adalah analisis komparasi, dengan teknik analis t test untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis antara siswa alumni MTs dan SMP di Pemalang. Hasil penelitian: (1) Hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa alumni MTs di MAN Pemalang dengan jumlah responden 32 siswa diperoleh hasil tes yaitu dengan jumlah rata-rata 86,78 termasuk dalam kategori cukup baik. (2) Hasil Belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa alumni SMP di MAN Pemalang dengan jumlah responden 32 siswa diperoleh hasil tes yaitu dengan jumlah rata-rata 87,22 termasuk dalam kategori cukup baik. (3) dari hasil pengujian t-test menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan pada hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis antara siswa alumni MTs dan SMP di MAN Pemalang.
id IOS2754.18719
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2023-02-24T21:14:33Z
last_indexed 2023-02-24T21:14:33Z
recordtype dc
_version_ 1765821686548004864
score 17.538404