Pengaruh penggunaan media pop up book terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas II mata pelajaran tematik di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang
Main Author: | Khotimah, Cici Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18027/1/Skripsi_1803096002_Cici_%20Nur_%20Khotimah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18027/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penggunaan media pembelajaran yang dapat mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran. Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengatahui besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran Pop Up Book terhadap hasil belajar kognitif siswa di kelas II MI Miftahul Aklaqiyah Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest desaign. Dalam penelitian ini populasi sekaligus sampel adalah menggunakan seluruh kelas II B MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang yang berjumlah 26 siswa. Berdasarkan perhitungan uji analisis data dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) = n-1, diperoleh hasil t_hitung (12,7189) > t_tabel (2,0595), maka dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak atau terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah adanya perlakuan (treatment). Berdasarkan perhitungan koefisien biserial dan koefisiensi determinasi dengan taraf signifikansi 5%, maka diperoleh hasil r_hitung (0,9151) > t_(tabel ) (0,4044) dan hasil koefisiensi determinasi 83,74% sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Pop Up Book berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik pada siswa, dengan jumlah kontribusi sebesar 83,74% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.