Pengaruh penggunaan media pop up book terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas II mata pelajaran tematik di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang

Main Author: Khotimah, Cici Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18027/1/Skripsi_1803096002_Cici_%20Nur_%20Khotimah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18027/
ctrlnum 18027
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18027/</relation><title>Pengaruh penggunaan media pop up book terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas II mata pelajaran tematik di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang</title><creator>Khotimah, Cici Nur</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penggunaan media pembelajaran yang dapat mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran. Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengatahui besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran Pop Up Book terhadap hasil belajar kognitif siswa di kelas II MI Miftahul Aklaqiyah Semarang.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest desaign. Dalam penelitian ini populasi sekaligus sampel adalah menggunakan seluruh kelas II B MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang yang berjumlah 26 siswa. &#xD; Berdasarkan perhitungan uji analisis data dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) = n-1, diperoleh hasil t_hitung (12,7189) &gt; t_tabel (2,0595), maka dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak atau terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah adanya perlakuan (treatment). Berdasarkan perhitungan koefisien biserial dan koefisiensi determinasi dengan taraf signifikansi 5%, maka diperoleh hasil r_hitung (0,9151) &gt; t_(tabel ) (0,4044) dan hasil koefisiensi determinasi 83,74% sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Pop Up Book berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik pada siswa, dengan jumlah kontribusi sebesar 83,74% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.</description><date>2022-07-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18027/1/Skripsi_1803096002_Cici_%20Nur_%20Khotimah.pdf</identifier><identifier> Khotimah, Cici Nur (2022) Pengaruh penggunaan media pop up book terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas II mata pelajaran tematik di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>18027</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Khotimah, Cici Nur
title Pengaruh penggunaan media pop up book terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas II mata pelajaran tematik di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang
publishDate 2022
isbn 9781803096001
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
372.2 Pendidikan dasar (Play gorup
TK
SD)
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18027/1/Skripsi_1803096002_Cici_%20Nur_%20Khotimah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18027/
contents Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penggunaan media pembelajaran yang dapat mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran. Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengatahui besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran Pop Up Book terhadap hasil belajar kognitif siswa di kelas II MI Miftahul Aklaqiyah Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest desaign. Dalam penelitian ini populasi sekaligus sampel adalah menggunakan seluruh kelas II B MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang yang berjumlah 26 siswa. Berdasarkan perhitungan uji analisis data dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) = n-1, diperoleh hasil t_hitung (12,7189) > t_tabel (2,0595), maka dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak atau terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah adanya perlakuan (treatment). Berdasarkan perhitungan koefisien biserial dan koefisiensi determinasi dengan taraf signifikansi 5%, maka diperoleh hasil r_hitung (0,9151) > t_(tabel ) (0,4044) dan hasil koefisiensi determinasi 83,74% sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Pop Up Book berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik pada siswa, dengan jumlah kontribusi sebesar 83,74% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
id IOS2754.18027
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2023-02-24T21:14:25Z
last_indexed 2023-02-24T21:14:25Z
recordtype dc
_version_ 1765821682800394240
score 17.538404