Penerapan marketing syari’ah dalam meningkatkan minat nasabah menggunakan produk Saja’ah di BMT (Baitul Māl wat Tamwīl) Mitra Hasanah Semarang
Daftar Isi:
- Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah :(1)Bagaimana penerapan marketing syari’ah dalam meningkatkan minat nasabah. (2) Bagaimana strategi marketing syari’ah yang efektif dan efisien dalam meningkatkan minat nasabah menggunakan produk sajaah yang ada di BMT Mitra Hasanah Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Cara penerapan marketing syari’ah yang tepat dalam meningkatkan minat nasabah menggunakan produk saja’ah yang ada di BMT Mitra Hasanah. (2) Strategi yang tepat untuk menarik minat nasabah secara umum menggunakan produk saja’ah yang ada di BMT Mitra Hasanah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan analisis deskriptis, yaitu mendeskripsikan data-data yang peneliti kumpulkan baik dari hasil wawancara, observasi maupun dokumentasi, selama mengadakan penelitian di BMT Mitra Hasanah Semarang tentang Analisis Penerapan Marketing Syari’ah Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Menggunakan Produk Saja’ah Di Bmt (Baitul Mal Wat Tamwil) Mitra Hasanah. Hasil penelitian menunjukkan pertama, bahwa penerapan marketing syari’ah sangat mempengaruhi meningkatnya minat nasabah menggunakan produk yang ada di BMT Mitra Hasanah dan di BMT maupun bank syari’ah yang lainnya. Kedua,bahwa penerapan marketing syari’ah tidak akan maksimal tanpa adanya stategi khusus yang ada di BMT tersebut, dan strategi yang digunakan harus syar’iah tidak boleh keluar dari prinsip-prinsip dasar marketing syari’ah.