Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) adakah pengaruh antara etika bisnis islam terhadap tingkat kuantitas penjualan produk. 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh etika bisnis islam terhadap tingkat kuantitas penjualan produk pada Perusahaan air minum PT BUYA BAROKAH Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif di mana terdapat dua variabel yaitu etika bisnis islami sebagai variabel bebas (independent) dan peningkatan kuantitas penjualan sebagai variabel terikat (dependent), dengan menggunakan sumber data di antaranya data primer, sekunder, populasi dan Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, menyebar angket (kuesioner) kepada sejumlah responden dan dokumentasi data atau variabel yang berupa catatan-catatan, buku dan sebagainya. Responden dalam penelitian ini merupakan konsumen PT. BUYA BAROKAH Kudus yang berjumlah 100 orang. Seluruh responden diambil sebagai sampel sehingga disebut penelitian populasi dan tidak menggunakan teknik sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji cobakan terlebih dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, uji normalitas, uji T, uji R2. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan Y = a+bX (Y = 13,166+0,486X) yang artinya Tingkat Kuantitas Penjualan Produk dipengaruhi Etika Bisnis Islami. Hasil analisis regresi juga memperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,303, ini berarti 30,3% variabel Tingkat Kuantitas Penjualan Produk dipengaruhi oleh variabel Etika Bisnis Islami. Sisanya sebesar 69,70% dijelaskan oleh variabel lain.