Daftar Isi:
  • Skripsi ini dilatarbelakangi Untuk mencapai hasil belajar mata pelajaran fiqih yang baik sebagai pendidik dan keinginan pengajar, senantiasa dituntut untuk mampu menciptakan iklim belajar mengajar yang kondusif serta dapat memotivasi siswa dalam belajar mengajar yang akan berdampak positif dalam pencapaian hasil belajar secara optimal. Namun yang terjadi pada pembelajaran fiqih yang selama ini dilakukan di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari masih banyak dipengaruhi oleh cara-cara tradisional, Cooperative learning menciptakan kondisi pembelajaran yang bersifat gotong royong, saling menolong dan berkerja sama. salah satu bentuk cooperative learning adalah Jigsaw. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) bagaimanakah penerapan model jigsaw pada mata pelajaran fiqih materi pokok shalat id di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013? 2) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok shalat id sebelum menggunakan model jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013 3) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok shalat id setelah menggunakan model jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013? Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model jigsaw pada mata pelajaran fiqih Materi pokok shalat id di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013 dilakukan dengan menerangkan materi shalat id, melakukan tanya jawab tentang materi, kemudian guru membentuk siswa dalam kelompok asal, setiap kelompok mengirimkan satu anggota ke kelompok ahli untuk membahas sub bahasan materi, setelah terjadi diskusi kelompok ahli, setiap anggota kembali lagi ke kelompok asal untuk membahas hasil dari kelompok ahli dan menjadi satu rangkuman terhadap materi yang diajarkan, setiap kelompok presentasi di depan dan kelompok lain mengomentari 2) Hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok shalat id sebelum menggunakan model jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013 hanya ada 10 siswa atau 50% 3) Hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok shalat id setelah menggunakan model jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada siklus I ada 14 siswa atau 70%, dan pada siklus II ada 18 siswa atau 90%, kenaikan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa yaitu siklus I ada 12 siswa atau 60%, dan pada siklus II ada 17 siswa atau 85%, hasil tersebut sudah mencapai indikator yang ditentukan yaitu lebih dari 85%