ctrlnum 1710
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1710/</relation><title>Peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok Shalat Id melalui model Jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari kabupaten Kendal tahun pelajaran 2012/2013</title><creator> Aunillah, Maulida</creator><subject>297.38 Rites, prayer</subject><subject>371 School management; special education</subject><description>Skripsi ini dilatarbelakangi Untuk mencapai hasil belajar mata pelajaran fiqih yang baik sebagai pendidik dan keinginan pengajar, senantiasa dituntut untuk mampu menciptakan iklim belajar mengajar yang kondusif serta dapat memotivasi siswa dalam belajar mengajar yang akan berdampak positif dalam pencapaian hasil belajar secara optimal. Namun yang terjadi pada pembelajaran fiqih yang selama ini dilakukan di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari masih banyak dipengaruhi oleh cara-cara tradisional, Cooperative learning menciptakan kondisi pembelajaran yang bersifat gotong royong, saling menolong dan berkerja sama. salah satu bentuk cooperative learning adalah Jigsaw.&#xD; Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) bagaimanakah penerapan model jigsaw pada mata pelajaran fiqih materi pokok shalat id di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013? 2) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok shalat id sebelum menggunakan model jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013 3) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok shalat id setelah menggunakan model jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013?&#xD; Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model jigsaw pada mata pelajaran fiqih Materi pokok shalat id di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013 dilakukan dengan menerangkan materi shalat id, melakukan tanya jawab tentang materi, kemudian guru membentuk siswa dalam kelompok asal, setiap kelompok mengirimkan satu anggota ke kelompok ahli untuk membahas sub bahasan materi, setelah terjadi diskusi kelompok ahli, setiap anggota kembali lagi ke kelompok asal untuk membahas hasil dari kelompok ahli dan menjadi satu rangkuman terhadap materi yang diajarkan, setiap kelompok presentasi di depan dan kelompok lain mengomentari 2) Hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok shalat id sebelum menggunakan model jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013 hanya ada 10 siswa atau 50% 3) Hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok shalat id setelah menggunakan model jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada siklus I ada 14 siswa atau 70%, dan pada siklus II ada 18 siswa atau 90%, kenaikan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa yaitu siklus I ada 12 siswa atau 60%, dan pada siklus II ada 17 siswa atau 85%, hasil tersebut sudah mencapai indikator yang ditentukan yaitu lebih dari 85%</description><date>2013-09-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1710/1/113911181_Coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1710/2/113911181_Bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1710/3/113911181_Bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1710/4/113911181_Bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1710/5/113911181_Bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1710/6/113911181_Bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1710/7/113911181_Bibliografi.pdf</identifier><identifier> Aunillah, Maulida (2013) Peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok Shalat Id melalui model Jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari kabupaten Kendal tahun pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>1710</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Aunillah, Maulida
title Peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok Shalat Id melalui model Jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari kabupaten Kendal tahun pelajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic 297.38 Rites
prayer
371 School management
special education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1710/1/113911181_Coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1710/2/113911181_Bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1710/3/113911181_Bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1710/4/113911181_Bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1710/5/113911181_Bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1710/6/113911181_Bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1710/7/113911181_Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1710/
contents Skripsi ini dilatarbelakangi Untuk mencapai hasil belajar mata pelajaran fiqih yang baik sebagai pendidik dan keinginan pengajar, senantiasa dituntut untuk mampu menciptakan iklim belajar mengajar yang kondusif serta dapat memotivasi siswa dalam belajar mengajar yang akan berdampak positif dalam pencapaian hasil belajar secara optimal. Namun yang terjadi pada pembelajaran fiqih yang selama ini dilakukan di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari masih banyak dipengaruhi oleh cara-cara tradisional, Cooperative learning menciptakan kondisi pembelajaran yang bersifat gotong royong, saling menolong dan berkerja sama. salah satu bentuk cooperative learning adalah Jigsaw. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) bagaimanakah penerapan model jigsaw pada mata pelajaran fiqih materi pokok shalat id di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013? 2) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok shalat id sebelum menggunakan model jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013 3) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok shalat id setelah menggunakan model jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013? Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model jigsaw pada mata pelajaran fiqih Materi pokok shalat id di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013 dilakukan dengan menerangkan materi shalat id, melakukan tanya jawab tentang materi, kemudian guru membentuk siswa dalam kelompok asal, setiap kelompok mengirimkan satu anggota ke kelompok ahli untuk membahas sub bahasan materi, setelah terjadi diskusi kelompok ahli, setiap anggota kembali lagi ke kelompok asal untuk membahas hasil dari kelompok ahli dan menjadi satu rangkuman terhadap materi yang diajarkan, setiap kelompok presentasi di depan dan kelompok lain mengomentari 2) Hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok shalat id sebelum menggunakan model jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013 hanya ada 10 siswa atau 50% 3) Hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok shalat id setelah menggunakan model jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada siklus I ada 14 siswa atau 70%, dan pada siklus II ada 18 siswa atau 90%, kenaikan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa yaitu siklus I ada 12 siswa atau 60%, dan pada siklus II ada 17 siswa atau 85%, hasil tersebut sudah mencapai indikator yang ditentukan yaitu lebih dari 85%
id IOS2754.1710
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:47:28Z
last_indexed 2022-09-12T06:32:53Z
recordtype dc
_version_ 1765821474732507136
score 17.538404