Daftar Isi:
  • Syihabul Fajri (093911068). Pengaruh Madrasah Diniyah Awaliyah dan Lingkungan Belajar Sekolah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa di MI NU 27 Wonosari Kec. Patebon Kab. Kendal. Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Guru MdrasahIbtidaiyah (PGMI) IAIN Walisongo 2013. Penelitian ini bertujuan : 1). Untuk mengetahui pengaruh madrasah diniyah awaliyah ( ) terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa (Y) di MI NU 27 Wonosari Kec. Patebon Kab. Kendal. 2). Untuk mengetahui pengaruh ( ) lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa (Y) di MI NU 27 Wonosari Kec. Patebon Kab. Kendal. 3). Untuk mengetahui pengaruh madrasah diniyah awaliyah ( ) dan lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa (Y) di MI NU 27 Wonosari Kec. Patebon Kab. Kendal. Penelitian ini mengguanakan metode penelitian survei dengan analisis korelasi dan sampel penelitian diambil dari siswa MI NU 27 Wonosarikec. Patebonkab, Kendal yang berjumlah 195 siswa, dalam pengambilan sampel berdasarkan patokan Suharsimi Arikunto. Karena populasi lebih dari 100 siswa maka peneliti mengambil 15 % dari 195 siswa, sehingga sampelnya adalah 29 siswa. Pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling, pengumpulan data ( ) dan ( ) menggunakan instrument angket, adapun pengumpulan data Y menggunakan instrument tes. Dalam pengkajian hipotesis penulis menggunakan analisis regresi dua prediktor. Hasil uji hipotesis regresi diketahui bahwa : 1). Ada pengaruh positif madrasah diniyah awaliyah ( ) terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa (Y) di MI NU 27 Wonosari Kec. Patebon Kab. Kendal, hal ini berdasarkan pada analisis uji ( terhadap Y) diketahui = 9,601setelah dicocokkan dengan tabel F pada taraf signifikan 5% sebesar 4,21 sedangkan pada taraf signifikan 1% sebesar 7,68 karena > (0,05) dan (0,01) maka signifika. 2). Ada pengaruh ( ) lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa (Y) di MI NU 27 Wonosari Kec. Patebon Kab. Kendal, hal ini berdasarkan dari analisis uji ( terhadap Y ) diketahui = 8,058, setelah dicocokkan dengan tabel F pada taraf signifikan 5% sebesar 4,21 sedangkan pada taraf 1% sebesar 7,68 karena > (00,5) dan (0,01) maka signifikan. 3). Ada pengaruh positif antara madrasah diniyah awaliyah dan lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa, uji korelasi antara madrasah diniyah awaliyah dal lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa diketahui hasilnya 0,057. Setelah dilakukan uji t diketahui nilainya 3,483, setelah dicocokkan pada tabel pada taraf 5% sebesar 2,045 maka > (0,05:29) sehingga signifikan. Sementara analisis varian diketahui sebesar 5,841 sedangkan nilai (0,05) sebesar 3,37 > (0,05) maka signifikan. Hal ini jugaditunjukkan dengan persamaan garis regresi dan sumbangan relatif masing-masing variabel diketahui = 58% = 42%. Sumbangan efektif sebesar = 17,98% dan =13,02%.