ctrlnum 1700
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1700/</relation><title>Pengaruh Madrasah Diniyah Awaliyah dan lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa di MI NU 27 Wonosari kec. Patebon kab. Kendal.</title><creator> Fajri, Syihabul</creator><subject>297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam</subject><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371 School management; special education</subject><description>Syihabul Fajri (093911068). Pengaruh Madrasah Diniyah Awaliyah dan Lingkungan Belajar Sekolah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa di MI NU 27 Wonosari Kec. Patebon Kab. Kendal. Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Guru MdrasahIbtidaiyah (PGMI) IAIN Walisongo 2013. &#xD; Penelitian ini bertujuan : 1). Untuk mengetahui pengaruh madrasah diniyah awaliyah ( ) terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa (Y) di MI NU 27 Wonosari Kec. Patebon Kab. Kendal. 2). Untuk mengetahui pengaruh ( ) lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa (Y) di MI NU 27 Wonosari Kec. Patebon Kab. Kendal. 3). Untuk mengetahui pengaruh madrasah diniyah awaliyah ( ) dan lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa (Y) di MI NU 27 Wonosari Kec. Patebon Kab. Kendal.&#xD; Penelitian ini mengguanakan metode penelitian survei dengan analisis korelasi dan sampel penelitian diambil dari siswa MI NU 27 Wonosarikec. Patebonkab, Kendal yang berjumlah 195 siswa, dalam pengambilan sampel berdasarkan patokan Suharsimi Arikunto. Karena populasi lebih dari 100 siswa maka peneliti mengambil 15 % dari 195 siswa, sehingga sampelnya adalah 29 siswa. Pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling, pengumpulan data ( ) dan ( ) menggunakan instrument angket, adapun pengumpulan data Y menggunakan instrument tes. Dalam pengkajian hipotesis penulis menggunakan analisis regresi dua prediktor.&#xD; Hasil uji hipotesis regresi diketahui bahwa : 1). Ada pengaruh positif madrasah diniyah awaliyah ( ) terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa (Y) di MI NU 27 Wonosari Kec. Patebon Kab. Kendal, hal ini berdasarkan pada analisis uji ( terhadap Y) diketahui = 9,601setelah dicocokkan dengan tabel F pada taraf signifikan 5% sebesar 4,21 sedangkan pada taraf signifikan 1% sebesar 7,68 karena &gt; (0,05) dan (0,01) maka signifika. 2). Ada pengaruh ( ) lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa (Y) di MI NU 27 Wonosari Kec. Patebon Kab. Kendal, hal ini berdasarkan dari analisis uji ( terhadap Y ) diketahui = 8,058, setelah dicocokkan dengan tabel F pada taraf signifikan 5% sebesar 4,21 sedangkan pada taraf 1% sebesar 7,68 karena &gt; (00,5) dan (0,01) maka signifikan. 3). Ada pengaruh positif antara madrasah diniyah awaliyah dan lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa, uji korelasi antara madrasah diniyah awaliyah dal lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa diketahui hasilnya 0,057. Setelah dilakukan uji t diketahui nilainya 3,483, setelah dicocokkan pada tabel pada taraf 5% sebesar 2,045 maka &gt; (0,05:29) sehingga signifikan. Sementara analisis varian diketahui sebesar 5,841 sedangkan nilai (0,05) sebesar 3,37 &gt; (0,05) maka signifikan. Hal ini jugaditunjukkan dengan persamaan garis regresi dan sumbangan relatif masing-masing variabel diketahui = 58% = 42%. Sumbangan efektif sebesar = 17,98% dan =13,02%.</description><date>2013-12-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1700/1/093911068_Coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1700/2/093911068_Bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1700/3/093911068_Bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1700/4/093911068_Bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1700/5/093911068_Bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1700/6/093911068_Bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1700/7/093911068_Bibliografi.pdf</identifier><identifier> Fajri, Syihabul (2013) Pengaruh Madrasah Diniyah Awaliyah dan lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa di MI NU 27 Wonosari kec. Patebon kab. Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>1700</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fajri, Syihabul
title Pengaruh Madrasah Diniyah Awaliyah dan lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa di MI NU 27 Wonosari kec. Patebon kab. Kendal
publishDate 2013
topic 297.2 Islam Doctrinal Theology
Aqaid and Kalam
297.77 Islamic religious education
371 School management
special education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1700/1/093911068_Coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1700/2/093911068_Bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1700/3/093911068_Bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1700/4/093911068_Bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1700/5/093911068_Bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1700/6/093911068_Bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1700/7/093911068_Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1700/
contents Syihabul Fajri (093911068). Pengaruh Madrasah Diniyah Awaliyah dan Lingkungan Belajar Sekolah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa di MI NU 27 Wonosari Kec. Patebon Kab. Kendal. Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Guru MdrasahIbtidaiyah (PGMI) IAIN Walisongo 2013. Penelitian ini bertujuan : 1). Untuk mengetahui pengaruh madrasah diniyah awaliyah ( ) terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa (Y) di MI NU 27 Wonosari Kec. Patebon Kab. Kendal. 2). Untuk mengetahui pengaruh ( ) lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa (Y) di MI NU 27 Wonosari Kec. Patebon Kab. Kendal. 3). Untuk mengetahui pengaruh madrasah diniyah awaliyah ( ) dan lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa (Y) di MI NU 27 Wonosari Kec. Patebon Kab. Kendal. Penelitian ini mengguanakan metode penelitian survei dengan analisis korelasi dan sampel penelitian diambil dari siswa MI NU 27 Wonosarikec. Patebonkab, Kendal yang berjumlah 195 siswa, dalam pengambilan sampel berdasarkan patokan Suharsimi Arikunto. Karena populasi lebih dari 100 siswa maka peneliti mengambil 15 % dari 195 siswa, sehingga sampelnya adalah 29 siswa. Pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling, pengumpulan data ( ) dan ( ) menggunakan instrument angket, adapun pengumpulan data Y menggunakan instrument tes. Dalam pengkajian hipotesis penulis menggunakan analisis regresi dua prediktor. Hasil uji hipotesis regresi diketahui bahwa : 1). Ada pengaruh positif madrasah diniyah awaliyah ( ) terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa (Y) di MI NU 27 Wonosari Kec. Patebon Kab. Kendal, hal ini berdasarkan pada analisis uji ( terhadap Y) diketahui = 9,601setelah dicocokkan dengan tabel F pada taraf signifikan 5% sebesar 4,21 sedangkan pada taraf signifikan 1% sebesar 7,68 karena > (0,05) dan (0,01) maka signifika. 2). Ada pengaruh ( ) lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa (Y) di MI NU 27 Wonosari Kec. Patebon Kab. Kendal, hal ini berdasarkan dari analisis uji ( terhadap Y ) diketahui = 8,058, setelah dicocokkan dengan tabel F pada taraf signifikan 5% sebesar 4,21 sedangkan pada taraf 1% sebesar 7,68 karena > (00,5) dan (0,01) maka signifikan. 3). Ada pengaruh positif antara madrasah diniyah awaliyah dan lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa, uji korelasi antara madrasah diniyah awaliyah dal lingkungan belajar sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa diketahui hasilnya 0,057. Setelah dilakukan uji t diketahui nilainya 3,483, setelah dicocokkan pada tabel pada taraf 5% sebesar 2,045 maka > (0,05:29) sehingga signifikan. Sementara analisis varian diketahui sebesar 5,841 sedangkan nilai (0,05) sebesar 3,37 > (0,05) maka signifikan. Hal ini jugaditunjukkan dengan persamaan garis regresi dan sumbangan relatif masing-masing variabel diketahui = 58% = 42%. Sumbangan efektif sebesar = 17,98% dan =13,02%.
id IOS2754.1700
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:47:28Z
last_indexed 2022-09-12T06:32:53Z
recordtype dc
_version_ 1765821474681126912
score 17.538404