Pengaruh model pembelajaran kooperatif Make a Match dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram siswa kelas V MI Miftakhul ‘Ulum Mojoagung Plantungan Kendal tahun pelajaran 2013/2014
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif Make A Match Dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pendidikan di Indonesia saat ini masih didominasi oleh kelas yang berfokus pada guru sebagai pusat pengetahuan, sehingga ceramah akan menjadi pilihan utama dalam menentukan strategi belajar. Sehingga sering dijumpai adanya beberapa permasalahan diantaranya adalah kurangnya guru dalam menggunakan pendekatan dan metode yang tepat sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu digunakan suatu pendekatan yang memberdayakan siswa. Salah satunya adalah melalui pendekatan Make A Match dan Team Quiz. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pembelajaran kooperatif Make A Match dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram pada siswa kelas V MI Miftakhul ‘Ulum Mojoagung Plantungan Kendal tahun pelajaran 2013/2014? (2) Bagaimana hasil belajar binatang halal dan haram di kelas V MI Miftakhul ‘Ulum Mojoagung Plantungan Kendal? (3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif Make A Match dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Miftakhul Ulum Mojoagung Plantungan Kendal dan dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2013/2014. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran kooperatif Make A Match Dan Team Quiz kelas V MI Miftahul ‘Ulum Mojoagung Plantungan Kendal dalam kondisi yang cukup baik. Ini terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 79,75 yang berada dalam interval 76 – 80 dengan kualitas kategori cukup baik. (2) Hasil belajar binatang halal dan haram di kelas V MI Miftakhul ‘Ulum Mojoagung Plantungan Kendal berada pada kondisi yang baik, terbukti dengan nilai rata-rata 83,028 yang berada dalam interval 83 – 88 dengan kualitas nilai kategori baik. (3) Dari analisis uji hipotesis dapat diketahui ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Make A Match dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram kelas V MI Miftakhul Ulum Mojoagung Plantungan Kendal. Dari proses perhitungan analisis korelasi didapat nilai korelasi sebesar 0,816. Melalui uji t diperoleh thitung = 6,615 > ttabel(0,05)(24) = 2,060 dan thitung = 6,615 > ttabel(0,01)(24) = 2,800 karena thitung lebih besar dari ttabel berarti korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah signifikan. Hal tersebut juga ditunjukkan dari analisis regresi diperoleh nilai Freg = 43,765. Melalui uji F diketahui bahwa Freg = 43,765 > Ftabel 5% = 4,3 dan Ftabe 1% = 7,94, maka hasilnya signifikan. Ini berarti bahwa ada pengaruh positif antara pembelajaran kooperatif make a match dan team quiz dan hasil belajar binatang halal dan haram kelas V MI Miftahul Ulum Mojoagung Plantungan Kendal.