ctrlnum 1697
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1697/</relation><title>Pengaruh model pembelajaran kooperatif Make a Match dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram siswa kelas V MI Miftakhul &#x2018;Ulum Mojoagung Plantungan Kendal tahun pelajaran 2013/2014</title><creator>Akmalia, Nisa&#x2019;</creator><subject>297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)</subject><subject>371 School management; special education</subject><description>Skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif Make A Match Dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pendidikan di Indonesia saat ini masih didominasi oleh kelas yang berfokus pada guru sebagai pusat pengetahuan, sehingga ceramah akan menjadi pilihan utama dalam menentukan strategi belajar. Sehingga sering dijumpai adanya beberapa permasalahan diantaranya adalah kurangnya guru dalam menggunakan pendekatan dan metode yang tepat sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu digunakan suatu pendekatan yang memberdayakan siswa. Salah satunya adalah melalui pendekatan Make A Match dan Team Quiz. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pembelajaran kooperatif Make A Match dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram pada siswa kelas V MI Miftakhul &#x2018;Ulum Mojoagung Plantungan Kendal tahun pelajaran 2013/2014? (2) Bagaimana hasil belajar binatang halal dan haram di kelas V MI Miftakhul &#x2018;Ulum Mojoagung Plantungan Kendal? (3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif Make A Match dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Miftakhul Ulum Mojoagung Plantungan Kendal dan dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2013/2014. &#xD; Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran kooperatif Make A Match Dan Team Quiz kelas V MI Miftahul &#x2018;Ulum Mojoagung Plantungan Kendal dalam kondisi yang cukup baik. Ini terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 79,75 yang berada dalam interval 76 &#x2013; 80 dengan kualitas kategori cukup baik. (2) Hasil belajar binatang halal dan haram di kelas V MI Miftakhul &#x2018;Ulum Mojoagung Plantungan Kendal berada pada kondisi yang baik, terbukti dengan nilai rata-rata 83,028 yang berada dalam interval 83 &#x2013; 88 dengan kualitas nilai kategori baik. (3) Dari analisis uji hipotesis dapat diketahui ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Make A Match dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram kelas V MI Miftakhul Ulum Mojoagung Plantungan Kendal. Dari proses perhitungan analisis korelasi didapat nilai korelasi sebesar 0,816. Melalui uji t diperoleh thitung = 6,615 &gt; ttabel(0,05)(24) = 2,060 dan thitung = 6,615 &gt; ttabel(0,01)(24) = 2,800 karena thitung lebih besar dari ttabel berarti korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah signifikan. Hal tersebut juga ditunjukkan dari analisis regresi diperoleh nilai Freg = 43,765. Melalui uji F diketahui bahwa Freg = 43,765 &gt; Ftabel 5% = 4,3 dan Ftabe 1% = 7,94, maka hasilnya signifikan. Ini berarti bahwa ada pengaruh positif antara pembelajaran kooperatif make a match dan team quiz dan hasil belajar binatang halal dan haram kelas V MI Miftahul Ulum Mojoagung Plantungan Kendal.</description><date>2013-12-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1697/1/093911050_Coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1697/2/093911050_Bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1697/3/093911050_Bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1697/4/093911050_Bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1697/5/093911050_Bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1697/6/093911050_Bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1697/7/093911050_Bibliografi.pdf</identifier><identifier> Akmalia, Nisa&#x2019; (2013) Pengaruh model pembelajaran kooperatif Make a Match dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram siswa kelas V MI Miftakhul &#x2018;Ulum Mojoagung Plantungan Kendal tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>1697</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Akmalia, Nisa’
title Pengaruh model pembelajaran kooperatif Make a Match dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram siswa kelas V MI Miftakhul ‘Ulum Mojoagung Plantungan Kendal tahun pelajaran 2013/2014
publishDate 2013
topic 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food
Syirik
Munafiq)
371 School management
special education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1697/1/093911050_Coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1697/2/093911050_Bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1697/3/093911050_Bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1697/4/093911050_Bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1697/5/093911050_Bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1697/6/093911050_Bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1697/7/093911050_Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1697/
contents Skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif Make A Match Dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pendidikan di Indonesia saat ini masih didominasi oleh kelas yang berfokus pada guru sebagai pusat pengetahuan, sehingga ceramah akan menjadi pilihan utama dalam menentukan strategi belajar. Sehingga sering dijumpai adanya beberapa permasalahan diantaranya adalah kurangnya guru dalam menggunakan pendekatan dan metode yang tepat sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu digunakan suatu pendekatan yang memberdayakan siswa. Salah satunya adalah melalui pendekatan Make A Match dan Team Quiz. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pembelajaran kooperatif Make A Match dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram pada siswa kelas V MI Miftakhul ‘Ulum Mojoagung Plantungan Kendal tahun pelajaran 2013/2014? (2) Bagaimana hasil belajar binatang halal dan haram di kelas V MI Miftakhul ‘Ulum Mojoagung Plantungan Kendal? (3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif Make A Match dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Miftakhul Ulum Mojoagung Plantungan Kendal dan dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2013/2014. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran kooperatif Make A Match Dan Team Quiz kelas V MI Miftahul ‘Ulum Mojoagung Plantungan Kendal dalam kondisi yang cukup baik. Ini terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 79,75 yang berada dalam interval 76 – 80 dengan kualitas kategori cukup baik. (2) Hasil belajar binatang halal dan haram di kelas V MI Miftakhul ‘Ulum Mojoagung Plantungan Kendal berada pada kondisi yang baik, terbukti dengan nilai rata-rata 83,028 yang berada dalam interval 83 – 88 dengan kualitas nilai kategori baik. (3) Dari analisis uji hipotesis dapat diketahui ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Make A Match dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram kelas V MI Miftakhul Ulum Mojoagung Plantungan Kendal. Dari proses perhitungan analisis korelasi didapat nilai korelasi sebesar 0,816. Melalui uji t diperoleh thitung = 6,615 > ttabel(0,05)(24) = 2,060 dan thitung = 6,615 > ttabel(0,01)(24) = 2,800 karena thitung lebih besar dari ttabel berarti korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah signifikan. Hal tersebut juga ditunjukkan dari analisis regresi diperoleh nilai Freg = 43,765. Melalui uji F diketahui bahwa Freg = 43,765 > Ftabel 5% = 4,3 dan Ftabe 1% = 7,94, maka hasilnya signifikan. Ini berarti bahwa ada pengaruh positif antara pembelajaran kooperatif make a match dan team quiz dan hasil belajar binatang halal dan haram kelas V MI Miftahul Ulum Mojoagung Plantungan Kendal.
id IOS2754.1697
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:47:28Z
last_indexed 2022-09-12T06:32:53Z
recordtype dc
_version_ 1765821474666446848
score 17.538404