Pengaruh sertifikasi halal,religiusitas dan bahan makanan terhadap minat beli produk makanan halal studi kasus mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang
Main Author: | Ulya, Inarotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16494/1/Skripsi_1705026089_Inarotul_Ulya.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16494/ |
Daftar Isi:
- Kemajuan teknologi dewasa ini membuat dunia industri semakin beragam, salah satunya makanan yang kini makin bervariasi jenisnya di pasar. Sejalan dengan naiknya angka populasi penduduk muslim di negara lndonesia, studi dalam konteks pengakuan terhadap makanan halal masih memerlukan pemeriksaan yang Iebih Ianjut lagi.untuk mendalami mengenai berbagai faktor yang harusnya dipertimbangkan dalam pengaruh niat pembelian konsumen muslim sacara lebih mendalam hingga hasilnya telah menguatkan posisi lndonesia dalam pasar produk halal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Sertifikasi Halal,Religiusitas dan Bahan Makanan terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dengan model pengumpulan datanya menyebar kuisioner online menggunakan Google from. Dengan menggunakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Semarang sebagai sampel penelitian.Sumber data yang digunakan merupakan sumber data primer dan sekunder Serta menggunakan SPSS versi 1.6 untuk analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya Sertifikasi Halal memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli, hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil signifikan Sertifikasi Halal (X1) 0,006<0,05; dan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,818>1,984) dan niIai koefsien regresi bergandanya sejumlah 0,211.(2)Religiusitas memberikan pengaruh positif juga signifikan terhadap Minat Beli, hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil signifikan Religiusitas (X2) 0,000<0,05; dan nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,643>1,984) dan nilai koefsien regresi bergandanya sejumlah 0,357.(3) Bahan Makanan pengaruhnya positif dan signifikan terhadap Minat Beli hal tersebut dibuktikan berdasar hasil signifikan Bahan Makanan (X3) 0,017<0,05; dan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,437>1,984) dan nilai koefisien regresi berganda sebesar 0,160.(4) Sertifikasi Halal,Religiusitas dan Bahan Makanan secara simultan pengaruhnya secara positif juga signifikan terhadap Minat Beli dengan nilai fhitung lebih besar dari ftabel (14,964 > 2,70) dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05”.