Pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 32 Semarang
Main Author: | Octavia, Itta Cahya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15715/1/SKRIPSI_1603016076_ITTA%20CAHYA%20OCTAVIA.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15715/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan toleransi beragama yang ada di SMP Negeri 32 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan fokus penelitian yang akan dikaji adalah: (1) bagaimana implementasi pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 32 Semarang; (2) apa saja problematika yang menghambat pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 32 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 32 Semarang dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian. Perencanaan dilakukan melalui kurikulum yang terfokus pada materi pelajaran dan RPP. Pelaksanaannya yaitu dengan tidak membeda-bedakan siswa, menghargai perbedaan dan saling menghormati antar sesama, tolong-menolong dan hidup berdampingan, memberikan kesempatan beribadah sesuai agama masing-masing, serta menumbuhkan sikap saling kerjasama. Sedangkan pada tahap pengevaluasian dilakukan melalui penilaian guru terhadap sikap siswa, kemudian ditindaklajuti dengan adanya koordinasi rutin oleh para guru.