Pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 32 Semarang
Main Author: | Octavia, Itta Cahya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15715/1/SKRIPSI_1603016076_ITTA%20CAHYA%20OCTAVIA.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15715/ |
ctrlnum |
15715 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15715/</relation><title>Pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 32 Semarang</title><creator>Octavia, Itta Cahya</creator><subject>201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology</subject><subject>297.77 Islamic religious education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan toleransi beragama yang ada di SMP Negeri 32 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan fokus penelitian yang akan dikaji adalah: (1) bagaimana implementasi pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 32 Semarang; (2) apa saja problematika yang menghambat pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 32 Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 32 Semarang dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian. Perencanaan dilakukan melalui kurikulum yang terfokus pada materi pelajaran dan RPP. Pelaksanaannya yaitu dengan tidak membeda-bedakan siswa, menghargai perbedaan dan saling menghormati antar sesama, tolong-menolong dan hidup berdampingan, memberikan kesempatan beribadah sesuai agama masing-masing, serta menumbuhkan sikap saling kerjasama. Sedangkan pada tahap pengevaluasian dilakukan melalui penilaian guru terhadap sikap siswa, kemudian ditindaklajuti dengan adanya koordinasi rutin oleh para guru.</description><date>2020-11-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15715/1/SKRIPSI_1603016076_ITTA%20CAHYA%20OCTAVIA.pdf</identifier><identifier> Octavia, Itta Cahya (2020) Pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 32 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>15715</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Octavia, Itta Cahya |
title |
Pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 32 Semarang |
publishDate |
2020 |
isbn |
9781603016070 |
topic |
201 Religious mythology general classes of religion interreligious relations and attitudes social theology 297.77 Islamic religious education |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15715/1/SKRIPSI_1603016076_ITTA%20CAHYA%20OCTAVIA.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15715/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan toleransi beragama yang ada di SMP Negeri 32 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan fokus penelitian yang akan dikaji adalah: (1) bagaimana implementasi pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 32 Semarang; (2) apa saja problematika yang menghambat pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 32 Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pendidikan toleransi beragama di SMP Negeri 32 Semarang dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian. Perencanaan dilakukan melalui kurikulum yang terfokus pada materi pelajaran dan RPP. Pelaksanaannya yaitu dengan tidak membeda-bedakan siswa, menghargai perbedaan dan saling menghormati antar sesama, tolong-menolong dan hidup berdampingan, memberikan kesempatan beribadah sesuai agama masing-masing, serta menumbuhkan sikap saling kerjasama. Sedangkan pada tahap pengevaluasian dilakukan melalui penilaian guru terhadap sikap siswa, kemudian ditindaklajuti dengan adanya koordinasi rutin oleh para guru. |
id |
IOS2754.15715 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2022-09-12T06:36:46Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:36:46Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821670657884160 |
score |
17.538404 |