Daftar Isi:
  • Skrpsi ini membahas tentang pendidikan penanganan anak berkebutuhan khusus di Yayasan Naila Izzah Jepara. Kajiannya yang dilatarbelakangi oleh keterkaitan peneliti tentang Penanganan anak berkebutuhan khusus di yayasan tersebut karena anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memiliki cacat dari segi fisik, mental dan sosial. Anak berkebutuhan khusus juga memerlukan pendidikan yang layak dengan kemampuan masing masing. Penelitian ini mengambil fokus pada permasalahan: Bagaimana pendidikan penanganan anak berkebutuhan khusus, apa saja hambatan dan peluang yang dan bagaimana evaluasi penanganan anak berkebutuhan khusus di Yayasan Naila Izzah Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data menggunakan tiga metode yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data di peroleh kemudian dilakukan analisis data dengan memberikan makna sampai kemudian bisa di tarik kesimpulan secara menyeluruh. Hasil penelitan menunjukkan bahwa , (1) ada tiga jenis Anak Berkebutuhan khusus di Yayasan Naila Izzah Jepara yakni speech delay, retardasi mental dan cerebral palsy dan tentunya penanganannya pun berbeda-beda. Layanan yang di berikan menyesuaikan kebutuhan anak dan kurikulum yang di terapkan menggunakan ABA (Applied Behavior Analysis). (2) Hambatan yang di hadapi yaitu faktor bahasa, faktor media pembelajaran dan faktor biaya. (3) evaluasi penanganan anak berkebutuhan khusus dilakukan rapat pertemuan setiap triwulan sekali dan per semester secara formalnya